Langkah Mujarab Mengatasi Bronkitis Kronis

Bronkitis kronis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran bronkus di dalam paru-paru. Peradangan ini termasuk ke dalam keadaan kronis sebab lazimnya terjadi dalam waktu yang lama, serta sering datang dan pergi secara tiba-tiba dalam hitungan bulan atau tahun.

Para penderita bronkitis bisa mengalami batuk berdahak, sesak napas, mengi, dan dada terasa sesak sebagai gejala permulaan. Apabila bronkitis yang dialami kian parah dan dalam waktu yang lama, pasien akan mengalami sebagian gejala tambahan seperti demam, kelelahan, dan gangguan pernafasan sebab hidung tersumbat. Untuk meringankan keadaan penderita bronkitis kronis, ada sebagian langkah simpel yang bisa dilakukan, antara lain:

Menghentikan kebiasaan mengisap rokok

Salah satu unsur yang bisa meningkatkan risiko bronkitis kronis merupakan mengisap rokok. Sekitar 9 dari 10 orang yang terkena bronkitis kronis merupakan mereka yang awam terpapar oleh asap rokok atau perokok. Apabila perokok mengalami batuk yang berlangsung lama (kronis), bisa jadi itu merupakan petunjuk paru-paru mengalami kerusakan. Yang patut diamati merupakan kerusakan yang terjadi kemungkinan tidak bisa disembuhkan sepenuhnya.

Berolahraga secara teratur

Profit melaksanakan olahraga secara teratur merupakan memperkuat otot-otot yang bisa menolong progres pernafasan. Apabila ingin melaksanakan olahraga khusus untuk membenarkan kwalitas paru-paru, karenanya program rehabilitasi paru bisa menjadi opsi. Latihan ini melibatkan fisioterapis. Untuk mengetahui lebih terang mengenai program ini, konsultasikan kepada dokter atau ke rumah sakit.

Menjaga kelembapan ruangan

Penderita bronkitis kronis sering mengalami sesak napas, karenanya jadikan suhu ruangan rumah lebih nyaman. Salah satu cara yang bisa ditempuh merupakan dengan menggunakan pelembap ruangan atau humidifier, lebih-lebih di kamar tidur. Pastikan juga mesin pelembap ruangan yang diterapkan selalu dibersihkan secara rutin.

Mengupayakan waktu yang cukup untuk istirahat

Penderita bronkitis kronis pada dasarnya memerlukan lebih banyak daya untuk bernapas. Malah bisa menghabiskan daya 10 kali lipat lebih banyak dibandingi orang yang memiliki paru-paru sehat. Untuk itu, perlu mencukupi istirahat, supaya konsisten sehat, bertenaga, dan terhindar dari kelelahan.

Menjaga berat badan konsisten ideal

Kelebihan berat badan bisa membikin seseorang kesulitan bergerak, kesulitan berolahraga, dan sesak napas. Selain untuk penderita bronkitis kronis, badan yang terlalu kurus juga tidak baik. Miliki berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, daging rendah lemak, ikan, ayam, produk olahan susu, dan berolahraga secara teratur.

Sebagian hal di atas, penderita bronkitis kronis juga dianjurkan untuk menghindari paparan polusi, baik dalam format asap maupun debu. Jalani pola hidup yang sehat, serta jaga kebersihan ruangan sekitar, lebih-lebih kamar, dari paparan debu dan kotoran yang mungkin menempel. Konsultasi ke dokter seandainya keluhan terus berlanjut dan kian mengganggu, untuk memperoleh penanganan yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *