Apa saja yang bisa dilakukan di Candi Borobudur

Nama Candi Borobudur tentunya sudah tak asing lagi bagi Anda. Candi ini disebut sebagai rumit candi Buddha terbesar di Indonesia, bahkan juga terbesar dunia. UNESCO menetapkannya sebagai salah satu laman warisan dunia pada tahun 1991. Kecuali menjadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur juga menjadi salah satu tempat tamasya yang menarik banyak perhatian wisatawan domestik dan juga mancanegara.

Tempat tamasya di Jawa Tengah ini mempunyai luas 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunannya tertata dari balok vulkanik yang menyusun 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar di puncaknya. Uniknya, balok-balok ini tertata tanpa menerapkan perekat maupun semen, rumit ini tampak seperti sebuah susunan lego raksasa. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan selama berada di rumit candi Buddha paling besar di dunia ini, di antaranya:

Mempelajari seni sastra dan budaya

Sekiranya Anda suka seni sastra dan budaya, berada di Candi Borobudur tentunya akan menjadi pengalaman yang menarik sekali. Anda bisa membaca dan memandang panel relief yang tergambar di dinding candi.

Untuk bisa membaca cerita relief ini secara berurutan, Anda patut berjalan mengelilingi candi paralel putaran jarum jam merupakan dari kiri ke kanan. Mulailah dari pintu timur di level terbawah dan berjalanlah memutar sampai kembali ke pintu permulaan kemudian naik tangga ke level selanjutnya. Lakukan hal ini terus-menerus sampai ke level teratas untuk mendapatkan cerita yang berurutan dan utuh. Anda mengalami kesulitan membaca cerita di relief? Tak perlu kebingungan sebab ada jasa pemandu yang siap menolong Anda.

Hunting foto

Tempat tamasya ini menawarkan banyak sekali obyek foto yang menarik untuk Anda, penggemar fotografi. Cobalah berkeliling rumit candi ini dan temukan angle yang ideal untuk memfoto. Candi Borobudur juga diketahui mempunyai pemandangan sang surya terbit dan terbenam yang menawan. Datanglah pada peristiwa yang ideal, siapkan kamera Anda dan selamat mengabadikan pemandangan indahnya.

Berburu suvenir

Rasanya tak komplit kalau mengunjungi sebuah tempat tamasya tanpa membeli suvenir khasnya. Tak jauh dari rumit Candi Borobudur, terdapat deretan warung suvenir. Anda bisa membeli beraneka barang mulai dari topi, kaos, tas, gantungan kunci sampai miniatur candi. Harga yang ditawarkan bervariasi, pakai kemampuan Anda dalam menawar sebaik mungkin.

Berkeliling rumit candi

Di rumit Candi Borobudur terdapat pekarangan hijau luas yang bisa Anda jelajahi. Kecuali dengan berjalan kaki, Anda bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi tempat tamasya ini. Anda membawa buah hati kecil? Cobalah naik kereta kelinci yang pastinya disukai buah hati-buah hati. Sekiranya berkeinginan mencoba pengalaman yang berbeda, mengapa tak mencoba naik sado untuk berkeliling?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *