Guides Terkini Tentang Warnai Hari Batik Nasional 2018 dengan Ngebatik Khas Betawi di Jakarta

Berwisata ke Jakarta saat Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober, siapa bilang cuma bisa berbelanja di  sejumlah mall, hangout di kafe atau jalan-jalan ke Ancol, TMII, Monas, dan Ragunan. Anda juga bisa ngebatik atau belajar membatik, khususnya Batik Betawi.

Salah satu lokasi ngebatik di Jakarta ada di kawasan wisata edukasi Kampoeng Batik Palbatu yang terletak di daerah Menteng Dalam, Tebet, persisnya di Jalan Palbatu IV No. 17, Jakarta Selatan.

Di sebut Kampoeng Batik karena di setiap gangnya dilukis motif-motif batik.

Bukan cuma motif khas Jakarta seperti Ondel-ondel. Ada juga gang yang dilukis dengan motif batik Cirebon, Solo, Yogyakarta, Pemalang, dan motif batik daerah lainnya.

Media yang dilukis dengan beragam motif batik bukan hanya gang dan tembok/dinding rumah tapi juga pot bunga, sepeda roda dua, dan kendaraan bermotor. Bahkan salah satu jalan aspal di Palbatu II,  juga dilukis dengan motif batik.

Disebut begitu juga lantaran terdapat sejumlah gerai batik, antara lain Rumah Batik Palbatu (RBP) yang juga berfungsi sebagai pusat kegiatan, Gerai Batik Nonna, dan Gerai Batik Prasadi.

Anda bisa ngebatik motif Betawi, salah satunya di RBP yang buka setiap hari, mulai pukul 09.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Motifnya boleh pilih, ada motif  topeng betawi,  kembang api, burung gelatik buah rambutan, tugu monas, golok, delman, bunga kamboja, bunga melati, akar kelapa, dan motif semanggi, serta rumah si-Pitung.

Menurut Suti, salah seorang pembatik dan pengajar mgebatik RBP, peserta yang ngebatik disini mulai dari anak-anak TK sampai orangtua.

"Peminatnya bukan cuma orang kita tapi juga turis asing antara lain dari AS, Canada, Jepang, dan Eropa," terangnya.

Untuk ngebagit ukuran 35 x 35 di RBp, dikenai biaya Rp 100 ribu per orang. "Nanti hasil ngebatiknya boleh dibawa pulang," ujarnya.

Kalau sudah mahir, bisa mengikuti paket berikutnya. Seperti paket 1,5 meter sampai jadi kain. "Paket ini 6 kali  pertemuan," tambahnya.

Di RBP, Anda juga bisa ngeborong kain batik motif Betawi dengan harga berkisar antara Rp 350 ribu sampai Rp 1,5 juta per lembarnya, tergantung motif dan warnanya.

Sebagai catatan, Kampoeng Batik Palbatu pernah mendapatkan dua rekor MURI yakni rekor memiliki jalan terpanjang dengan motif batik (133,9 m) dan rekor memiliki jumlah rumah warga yang paling banyak di cat dengan motif batik.

Lokasi lain untuk ngebatik bisa Anda temui di Musem Tekstil Jakarta.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Ngebatik motif khas Betawi.
2. Aneka kain Batik Betawi.

0 Response to "Guides Terkini Tentang Warnai Hari Batik Nasional 2018 dengan Ngebatik Khas Betawi di Jakarta"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel