Guides Terkini Tentang TdS 2018 Bakal Lewati 16 Kabupaten/Kota di Sumbar

Lomba balap sepeda bertaraf internasional Tour de Singkarak (TdS) 2018 yang berlangsung 8 hari mulai 4-11 November mendatang, akan melintasi 16 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Sebanyak 15 team pesepeda dari mancanegara dan 5 team nasional yang menjadi peserta TdS tahun ini akan berlomba sepanjang 1.267 KM. 

Mereka merebutkan total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar.

TdS tahun ini start-nya dari Kota Bukittinggi dan finish-nya di Kota Pariaman.

TdS 2018 ini boleh dibilang spesial lantaran tepat berusia ke-10. Oleh karena itu mengusung tema ‘One Decade For All’.

Dalam peluncuran sport tourism ini di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (22/10), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan TdS 2018 digelar dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan wisatawawan nusantara (wisnus) ke Sumbar yang tahun 2017 lalu dikunjungi 56.313 wisman dan 6,5 juta wisnus.

TdS 2018, lanjut Arief Yahya juga akan memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat (direct impact economic value) serta media value yang tinggi dan memberi pengaruh positif terhadap promosi pariwisata Sumbar secara nasional dan internasional.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menambahkan direct impact ekonomi dari penyelenggaraan TdS terlihat dengan meningkatnya tingkat hunian kamar hotel, penjualan makanan, souvenir, dan oleh-oleh khas Sumbar.

"TdS juga mendorong meningkatnya infrastruktur terutama jalan-jalan yang akan dilalui peserta balap sepeda menjadi terpelihara dan semakin mulus," ungkap Nasrul Abit. 

Manfaat lain TdS ini, sambung Nasrul Abit menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Sumbar ditandai sejak penyelenggaraan TdS pertama 2009, yang membuat bermunculan destinasi wisata baru di Sumbar dan kemudian dikenal masyarakat luas. 

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions.
1. Menpar Arief Yahya bersama Wagub Sumbar Nasrul Abit meluncurkan Tour de Singkarak (TdS) 2018 di Jakarta, Senin (22/10). (foto: agung-humas kemenpar)
2. Menpar Arief Yahya menerima persembahan dari para penari pasambahan. (foto: adji)
3. Tari Piring menyemarakkan launching TdS 2018 di Jakarta. (foto: adji)

0 Response to "Guides Terkini Tentang TdS 2018 Bakal Lewati 16 Kabupaten/Kota di Sumbar "

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel