Guides Terkini Tentang Rayakan Hari Museum Indonesia di Palangkaraya, Sambangi Objek-Objek Wisatanya

Palangkaraya Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan puncak peringatan Hari Museum Indonesia 2018 pada 12-18 Oktober. Hari Museum Indonesia sendiri diperingati setiap tanggal 12 Oktober.

Venue puncak peringatan Hari Museum Indonesia 2018 di Museum Negeri Provinsi Kalimantan Tengah atau yang dikenal dengan nama Museum Balanga di Palangkaraya. 

Nah, disela-sela atau selepas menyaksikan beragam acara terkait puncak peringatan Hari Museum Indonesia tahun ini di Museum Balanga, Anda bisa city tour mengelilingi sejumlah objek di Palangkaranya dan sekitarnya.

Objek wisatanya cukup beragam. Ada objek wisata bahari berupa Pantai Ujung Pandaran di Kota Waringin Timur.

Pantainya memiliki pemandangan yang eksotis dengan jajaran pohon kelapa yang berjajar dan berpasir pantai putih nan halus.

Juga ada Taman Wisata Fantasi Beach yang berjarak sekitar 21 Km dari Kota Palangkaraaya atau sekitar 20 menit dengan berbagai kendaraan.

Di dalam taman yang dikelola pihak swasta ini ada beragam wahana permainan seperti memancing, flying fox, sepeda air, dan lainnya.

Objek wisata budayanya antara lain rumah adat tradisional Dayak yaitu Rumah Adat Bentang. Bentuk rumahnya memanjang ke belakang dengan atap yang sedikit lancip.

Sementara objek wisata buatannya ada Bundaran Besar, Bundaran Kecil, dan Bundaran Burung.

Kalau lokasi wisata kulinernya cukup banyak, antara lain RM. Kampung Lauk di Jalan Trans Kalimantan arah Gunung Mas daerah Pahandut Seberang, dan Kum-Kum di Jalan Trans Kalimantan arah Gunung Mas juga daerah Pahandut Seberang.

Juga RM Pelangi, RM Alan, Warung Soto Banjar, dan Warung Ketupat Kandangan di Jalan Dr Murjani, serta RM. Fadli dan RM AA di Jalan Yos Soedarso, lalu Warung Makan Samba di Jalan RTA. Milono.

Selain itu ada Tjilik Riwut Gallery & Resto yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, yang menyajikan aneka makanan tradisonal khas Palangkaraya seperti menu Ikan Lais Bakar dan sayur rotan muda.

Ikan Lais adalah salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di sungai-sungai Kalimantan. Selain dibakar juga dikeringkan atau diasapkan.

Menu Ikan Lais dan Sayut Rotan Muda juga ada di RM Pondok Bambu di Jalan Adonis Samad, Langkai, Jekan Raya.

Objek wisata alamnya Danau Tahai dengan daya tarik airnya yang berwarna kemerahan karena adanya senyawa yang berasal dari tanah gambut yang mengendap di dalam danau dan juga dipengaruhi adanya pepohonan yang ada di sekitar danau.

Pilihan lainnya Penangkaran Orang Utan Bos Nyaru Menteng milik Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival) untuk melihat sekawanan orangutan. Lokasinya tak jauh dari Danau Tahai.

Objek wisata sungainya berupa wisata susur sungai dengan kapal susur dari kayu atau river cruise.

Sungai yang disusuri adalah Sungai Kahayan dan sungai lainnya.

Kapal susur sungainya berada di Dermaga Tugu Pahlawan.

Kapal yang dimiliki pemerintah daerah ini berangkat setiap tiga jam sekali. Setiap kapal mampu menampung sekitar 25 orang sekali jalan.

Selain itu ada Kereng Bangkirai, Flamboyan Bawah, dan Sei Gohong.

Kawasan Kereng Bangkirai yang merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Sabangau menawarkan keelokan pesona alam air hitam dan tumbuhan khas gambut.

Lokasinya cuma  sekitar 20 menit dari pusat kota.

Sementara Flamboyan Bawah yang dikelola Pemkot Palangkaraya menyuguhkan pemandangan Jembatan Kahayan serta Sungai Kahayan.

Lokasi objek wisata yang berada di bantaran Sungai Kahayan ini juga berada di kawasan dalam kota sehingga mudah Anda sambangi.

Sementara Sei Gohong yang berjarak sekira 35 kilometer dari pusat kota, menawarkan keindahan kawasan berupa sungai berair hitam setelah Anda menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit menggunakan kendaraan dari pusat kota.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Jembatan Kahayan yang membentang di Sungai Kahayan, Palangkaraya, Kalteng.

0 Response to "Guides Terkini Tentang Rayakan Hari Museum Indonesia di Palangkaraya, Sambangi Objek-Objek Wisatanya"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel