Guides Terkini Tentang Owabong dan Umbul Sidomukti Sabet Juara 1 Anugerah Abiwara Pariwisata Jawa Tengah 2018

Owabong di Kabupaten Purbalingga dan Umbul Sidomukti di Kabupaten Semarang berhasil menyabet Juara 1 dalam ajang Anugerah Abiwara Pariwisata Jawa Tengah 2018 yang diumumkan di Abimantrana Ballroom The Wujil Resort & Convention, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (11/10).

Owabong atau Obyek Wisata Air Bojongsari meraih Juara I untuk kategori daya tarik wisata yang dikelola pemerintah.

Juara 2 sampai 6-nya diraih Museum BPK RI (Kota Magelang), Taman Wisata Kyai Langgeng , Goa Jatijajar (Kebumen), Goa Kreo (Kota Semarang), dan Grand Maerokoco (Kota Semarang).

Umbul Sidomukti menyabet Juara I untuk kategori daya tarik wisata yang dikelola swasta.

Juara 2 sampai 6-nya adalah Pantai Menganti (Kebumen) Surya Yudha Park (Banjarnegara), Umbul Ponggok (Klaten), Palawi Risoris Baturaden (Banyumas), dan D'qiano Waterpark Hostspring (Banjarnegara).

Ajang tahunan ini pun memberikan penghargaan Abiwara Pariwisata Jateng 2018 untuk tokoh penggerak pariwisata.

Pertama, Walikota Semarang Hendrar Prihadi meraih penghargaan sebagai tokoh penggerak wisata kategori pemerintah daerah.

Kedua, H. Basir dari Kabupaten Kebumen sebagai tokoh penggerak wisata kategori pelaku usaha pariwisata.

Ketiga, Rendhi Adiprayitno dari Tuntang, Kabupaten Semarang atas karya tulis dengan judul "Cakrawala Senja di Karimunjawa".

Keempat, Dwi Yogawati dari Magelang atas karya foto berjudul "Refleksi Eksotisme Candi Mendut".

Owabang merupakan sebuah taman wisata air atau waterpark yang sebagian besar didominasi oleh wisata air.

Objek wisata yang berada di Desa Bojongsari, Kabupaten Purbalingga ini memiliki berbagai macam wahana permainan yang terbagi atas beberapa zona.

Di zona waterpark utama ada kolam renang, waterboom, kolam ombak, kolam sesat, pantai bebas tsunami, kanal arum, kolam ember tumpah, kolam air hangat, kolam akhir, dan kolam terapi ikan.

Di zona Sanggaluri ada Taman Kelinci, Labirin, Rumah Kaca dan Rumah Gempa.

Di zona Usman Janatin ada Taman Lampion, permainan Bom-Bom Car, dan wahana kereta minibuntuk anak-anak.

Di zona Cottage, tersedia paket-paket outbound seperti paket fun game menginap, paket outbound menginap, dan paket murah terjangkau lainnya seperti paket pelajar dan body rafting.

Tersedia pula restoran, foodcourt, kamar mandi, kamar ganti, kamar bilas, toilet, tempat parkir, dan mushala.

Sementara Umbul Sidomukti merupakan salah satu objek wisata alam pegunungan yang berlokasi di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. 

Kawasan wisata ini memiliki  Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, dan Meeting Room.

Salah satu keistimewaan objek wisata ini menyediakan 3 kolam yang bertingkat.

Ada kolam dewasa berkedalaman 1,5 meter. Untuk anak-anak berkedalam sekitar 30 cm. Dan dari kolam paling atas, ada air mancurnya yang airnya menyembur dari dasar kolam setinggi 1,5 meter.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Owabong Waterpark di Kabupaten Purbalingga meraih Juara I untuk kategori daya tarik wisata yang dikelola pemerintah dalam Anugerah Abiwara Pariwisata Jawa Tengah 2018. (foto: @owabong)

2. Umbul Sidomukti di Kabupaten Semarang menyabet Juara I untuk kategori daya tarik wisata yang dikelola swasta di ajang yang sama. (foto: dok.umbulsidomukti.com)

0 Response to "Guides Terkini Tentang Owabong dan Umbul Sidomukti Sabet Juara 1 Anugerah Abiwara Pariwisata Jawa Tengah 2018"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel