Guides Terkini Tentang Ini Enam Acara Sales Mission Danau Toba 2018 di Jakarta

Guna mendorong jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara (Sumut) khususnya ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Sales Mission Danau Toba 2018 di Jakarta.

Event bertema #ayoketoba yang berlangsung di Mall Gandaria City (Gancit) dan Hotel Sheraton, Jakarta selama 3 hari, 19-21 Oktober ini menyuguhkan 6 rangkaian acara yakni Table Top, Seminar, Direct Selling, Talkshow, Demo Kuliner Sumut, dan Pentas Artis Nasional.

"Untuk Table Top atau B to B meeting yang berlangsung di Grand Ballroom Hotel Sheraton, diikuti sellers 30 industri wisata Sumut dan 50 buyers Jakarta," kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Ratman dalam sambutannya yang dibacakan Asdep Pengembangan Destinasi Wisata Budaya, Kemenpar Lokot Ahmad Enda, di pembukaan Sales Mission Danau Toba 2018 yang berlangsung di Gancit, Jumat (19/10) malam.

Ke-30 sellers Sumut itu terdiri atas 17 travel agent dan tour operator yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Sumut serta 13 hotel yang bernaung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut.

Acara seminarnya yang bertema "Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Terpadu Danau Toba", dibuka oleh Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Hari Wibowo di Grand Ballroom Hotel Sheraton, Jumat (19/10).

Pembicara yang tampil selain Lokot Ahmad Endah, juga ada Ketua DPD ASITA Sumut  Solahuddin Nasution, Pemerhati Pariwisata Wardiyatmo, dan I Wayan Supatrayasa dari Maskapai Garuda Indonesia.

Direct Selling-nya berupa pameran yang diikuti 30 sellers Sumut di Gancit selama Sales Mission berlangsung.

Untuk Talkshow-nya ada 3 kali dengan menghadirkan 3 narasumber (narsum) yang terdiri atas 1 narsum asal Sumut, 1 dari Jakarta, dan 1 narsum. Lokasinya juga di Gancit, 19-21 Oktober.

Sementara Demo Kuliner Sumut akan menghadirkan chef dari Hotel Sheraton yang berada dalam satu area mall.  Demo kuliner tersebut berlangsung 2 hari 20-21 Oktober, juga bertempat di Gancit.

Pentas Artis Nasional-nya menjadi acara penutup  Sales Mission Danau  Toba 2018 dengan menghadirkan penyanyi solo pria papan atas Indonesia berdarah Batak, Judika. Lokasinya di Gancit, Minggu (21/10), mulai pukul 7 malam.

Menurut Dadang, Jakarta dipilih sebagai lokasi Sales Mission Danau Toba 2018 karena selain sebagai Ibukota Negara, Jakarta juga merupakan pusat niaga.

"Tentunya daya beli masyarakat di Jakarta lebih besar di banding kota lain. Jakarta pun menjadi tempat singgah wisatawan serta menjadi hub bagi destinasi lain di Indonesia," terangnya.

Alasan lain, Jakarta merupakan melting pot dari keberagaman suku di Indonesia sehingga Jakarta bisa menjadi showcase Indonesia.

"Pastinya banyak perantau asal Sumut yang mengadu nasib di Jakarta. Diharapkan lewat Sales Mission ini mereka bisa pulang kampung halaman dengan harga yang kompetitif," tambah Dadang.

Seles Mission Danau Toba di Indonesia tahun ini sudah dilaksanakan di sejumlah kota besar yang merupakan pasar utama wisatawan nusantara (wisnus) yakni Yogyakarta (7-9 September), Surabaya (14-16 September), dan Semarang (28-30 September).

Masih ada 2 kota lagi yang akan menjadi tempat Sales Mission Danau Toba di Indonesia 2018 yaitu Bandung dan Makassar.

Menurut Dadang, dasar pemilihan kota-kota tersebut sebagai lokasi Sales Mission Danau Toba 2018, berdasarkan besarnya kota, populasi, purchasing power, dan juga ketersediaan direct flight menuju Sumut.

Sementara  Sales Mission Danau Toba di luar negeri yang sudah dilaksanakan tahun ini adalah Thailand dan Singapura.

Di Thailand digelar di Hotel Renaissance Bangkok Ratchaprasong tanggal 21 Mei yang diikuti 5 sellers dari Sumut dan 30 buyers dari Bangkok. Sedangkan di Singapura, digelar di Hotel Furama yang diikuti 4 sellers Sumut dan 30 buyers Singapura.

"Diharapkan dengan Sales Mission Danau Toba 2018 ini dapat meningkatkan penjualan paket wisata ke Danau Toba  sekaligus meningkatkan citra positif dan positioning Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Priorutas serta meningkatkan kunjungan wisnus dan wisman ke Danau Toba dan sekitarnya," pungkas Dadang.

Pembukaan Sales Mission Danau Toba 2018 di Gancit dibuka secara resmi Lokot Ahmad Enda mewakili Dadang Rizki Ratman dengan memukul Gondang.

Lokot didampingi Hari Wibowo, Solahuddin Nasution, Ketua ASITA Jakarta Hasiyanna S. Ashadi, dan perwakilan dari Disbudpar Sumut.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)

Captions:
1. Asdep Pengembangan Destinasi Wisata Budaya, Kemenpar Lokot Ahmad Enda (paling tengah) mewakili Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman, membuka secara resmi Sales Mission Danau Toba 2018 di Indonesia di Gancit, Jakarta Selatan, Jumat (19/10) dengan memukul Gondang, alat musik pukul khas Batak.

2. Table Top Sales Mission Danau Toba 2018  resmi dibuka Edy Wardoyo selaku Sesdep Pengembangan Pemasaran 1 Kemenpar, didampingi Solahuddin Nasution dan  Hasiyanna S. Ashadi di Grand Ballroom Hotel Sheraton, Jakarta, Jumat (19/10).

3. Para buyers dan sellers bertemu dalam Table Top Sales Mission Danau Toba 2018 di Grand Ballroom Hotel Sheraton, Jakarta, Jumat (19/10).

4. Pemerhati pariwisata Wardiyatmo tengah menyampaikan materi dalam  seminar bertema "Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Terpadu Danau Toba" Sales Mission Danau Toba 2018 di Grand Ballroom Hotel Sheraton, Jakarta, Jumat (19/10).

5. Asdep Pengembangan Destinasi Wisata Budaya, Kemenpar Lokot Ahmad Enda (paling tengah) membacakan kata sambutan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Ratman dalam pembukaan Sales Mission Danau Toba 2018 di Gancit, Jakarta, Jumat (19/10).

6. Suguhan Tari Marpangir dari para penari Profile Dance Project sebelum Seminar berlangsung.

7. Suasana Seminar bertema "Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Terpadu Danau Toba".

8. Lokot didampingi antara lain Solahuddin dan Hasiyanna meninjau direct selling atau pameran yang diikuti 30 sellers Sumut dalam Sales Mission Danau Toba 2018 di Gancit, Jakarta, Jumat (19/10).


0 Response to "Guides Terkini Tentang Ini Enam Acara Sales Mission Danau Toba 2018 di Jakarta"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel