Guides Terkini Tentang Dilewati Peserta TdS 2018, Pesona Seribu Rumah Gadang Bakal Kian Menjulang

Seribu Rumah Gadang yang menjadi objek wisata andalan Kabupten Solok Selatan (Solsel), dipastikan dilewati para peserta lomba balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2018. 

Pesonanya diperkirakan semakin menjulang karena akan terekspos sejumlah media.

Kepastian tentang hal itu disampaikan Denny Yuliandra selaku Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solsel kepada TravelPlus Indonesia disela-sela acara peluncuran TdS) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (22/10) sore.

"Benar Seribu Rumah Gadang akan dilewati peserta TdS tahun ini," ungkap Denny didampingi Syahrizal dari Perhubungan Solsel.

Denny pun membenarkan Seribu Rumah Gadang itu objek wisata andalan Solsel. "Objek-objek wisata lainnya sementara masih sebagai objek wisata pendukung," terangnya.

Seribu Rumah Gadang yang berjarak 133 Km dari Kota Padang atau sekitar 3 jam dengan mobil merupakan kawasan berstatus cagar budaya.

Ada kurang lebih 133 rumah gadang di kawasan itu, dimana tiap rumahnya punya kekhasan masing-masing.

Di sana juga terdapat homestay  untuk para pengunjung yang ingin beristirahat.

Keistimewaan lain Seribu Rumah Gadang ini, sambung Denny pernah meraih juara 1 Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 untuk kategori Kampung Adat Terpopuler.

Objek Seribu Rumah Gadang ini, sambungnya menjadi daya tarik wisatawan bukan hanya lokal dan nusantara tapi juga mancanegara.

"Wisatawan mancanegara yang kerap datang antara lain dari Malaysia, Singapura dan beberapa Eropa," tambahnya.

Menurut Denny selain Seribu Rumah Gadang, ada beberapa objek wisata Solsel lainnya yang juga akan dilewati peserta TdS 2018 yaitu Istana Balun, pemandangan Gunung Kerinci, dan kawasan Tubing Ducati  yang berlokasi di Sungai Batang Pulakek, Jorong Durian Capang Tigo (Ducati), Kenagarian Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo.

Sementara objek wisata Solsel yang tidak dilalui peserta TdS tahun ini adalah Rumah Gadang Panjang yang merupakan terpanjang di Sumbar bahkan Indonesia, Goa Batu Kapal, dan Rumah PDRI.

"Rumah Gadang Panjang di Solsel ini masuk nominasi API 2018 kategori Situs Sejarah Terpopuler. Mudah-mudahan juara 1 sebagaimana objek Seribu Rumah Gadang," harap Denny.

Lebih lanjut Denny mengatakan Solsel yang terdiri dari 7 kecamatan sudah 5 kali ikut berpartisipasi di sport tourism event TdS sejak 2013.

"Pengaruh positifnya cukup signifikan, seperti infrastruktur jalan di Solsel semakin bagus dan mulus serta objek-objek wisatanya jadi semakin populer, seperti Seribu Rumah Gadang," pungkasnya.

TdS 2018 yang bertema 'One Decade For All’ ini akan berlangsung 8 hari mulai 4-11 November mendatang.

Dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar, ada 16 kabupaten/kota yang akan dilewati 15 tim pesepeda dari mancanegara dan 5 tim nasional peserta TdS tahun ini, termasuk Solsel.

Tiga kabupaten yang tidak dilintasi adalah Pasaman Barat, Padang Pariaman, dan Mentawai.

Sementara start-nya dari Kota Bukittinggi dan finish-nya di Kota Pariaman.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Kawasan Seribu Rumah Gadang di Solsel yang akan dilewati peserta Tour de Singkarak (TdS) 2018. (foto: @ghinamahira)
2. Peserta TdS tahun sebelumnya saat melintasi Universitas Andalas, Kota Padang. (foto: @adjitropis)

0 Response to "Guides Terkini Tentang Dilewati Peserta TdS 2018, Pesona Seribu Rumah Gadang Bakal Kian Menjulang"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel