Guides Terkini Tentang Tour De Kepri 2018 Bakal Bikin Pesona Barelang Kian Berkilau

Daya tarik Jembatan Barelang diperkirakan bakal semakin berkilau berkat ajang balap sepeda Tour De Kepri 2018 yang akan berlangsung di Tanjungpinang, Bintang, dan Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tanggal 28-30 September ini. 

Pasalnya seluruh peserta Tour De Kepri (TdK) 2018 yang berjumlah 600 pembalap juga akan melewati jembatan rancangan BJ Habibie tersebut pada stage ketiga. 

Seluruh peserta TdK 2018 akan menempuh rute sejauh hampir 290 Km yang terbagi 3 stage dengan pemandangan memanjakan mata sepanjang perjalanan. 

Start stage pertama akan dimulai dari Domak Criterium, Tanjung Pinang, ibukota Kepri. Jumat (28/9). Seluruh pesepeda akan mengelilingi kompleks perkantoran itu dengan menempuh jarak sekitar 70 Km. 

Esoknya, stage kedua, Sabtu (29/9) seluruh peserta akan berpacu dari Hotel CK Tanjungpinang sampai Pelabuhan Roro Tanjung Bintan dengan jarak tempuh lebih kurang 120 Km. 

Selanjutnya naik kapal ke Pelabuhan Roro Telagapunggur Batam. Seluruh peserta akan dimanjakan dengan pemandangan indah birunya laut Bintan, dan menginap semalam di Batam. 

Berikutnya stage ketiga, Minggu (30/9) di Batam seluruh pesepeda akan berlomba sejauh 98 Km dari Engku Putri Batam sampai di Cakang di ujung Barelang, Pulau Galang Baru. Kemudian putar balik ke Jembatan I Barelang. 

Seluruh peserta akan disuguhkan dengan pesona kokohnya Jembatan Barelang serta nikmatnya seafood yang menjadi santapan mereka nanti.

Berdasarkan kerangka acuan kerja kegiatan penyelenggaraan TdK 2018 yang TravelPlus Indonesia terima dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), di dalamnya Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buralimar menjelaskan TdK 2018 merupakan lomba balap sepeda bertaraf international yang digarap Dispar Kepri untuk kali pertama. 

Penyelenggaraan sport tourism yang mendapat dukungan promosi dan publikasi dari Kemenpar ini, lanjut Buralimar, bekerjasama dengan cycosports Singapura yang diharapkan mampu mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dan juga wisatawan nusantara (wisnus). 

"Tujuan diselenggarakannya TdK 2018 adalah untuk meningkatkan brand image pariwisata Kepri baik tingkat lokal, nasional maupun regional," terang Buralimar. 

 Dan tentunya sekaligus untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Kepri. "Kepri sendiri menargetkan kunjungan wismannya tahun ini sebanyak 2,25 juta orang. Khusus untuk TdK 2018 wismannya ditargetkan sekitar 1000 sampai 1500 orang," pungkas Buralimar. 

TdK 2018 akan ditutup dengan Welcome Dinner dengan makan malam bersama dan hiburan grup musik Melayu. 

Buralimar optimis TdK akan menjadi agenda tahunan Kepri bahkan bias menjadi even Nasional. “Rute Tahun depan akan ditambah dengan Karimun, dari Tanjungpinang, Bintan, dan Barelang (Batam),” tambahnya. 

Sebagai catatan, Kepri boleh dibilang surganya sport tourism

Sejumlah even olahraga berbalut pariwisata bertaraf internasional digelar di provinsi yang bertetangga dengan Singapura, Malaysia, dan Vietnam ini hingga berhasil meningkatkan kunjungan wismannya. Sebut saja Bintan Triathlon, Iron Man 70.3, Tour de Barelang, Montigo Trail Run, dan kini Tour de Kepri

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis) 

Captions
1. Wisatawan menikmati pesona indah dan kokohnya Jembatan Barelang yang akan dilewati peserta Tour de Kepri (TdK) 2018. 
2. Santai di bawah bukit Welcome to Batam.

0 Response to "Guides Terkini Tentang Tour De Kepri 2018 Bakal Bikin Pesona Barelang Kian Berkilau"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel