Guides Terkini Tentang Mau Berwisata Sekaligus Jadi Relawan Gempa Lombok? Ini Paket Turnya

Isi paket wisata umumnya hanya jalan senang-senang dari satu objek ke objek wisata berikutnya. Tapi paket tur satu ini sebelum diantar keliling objek wisata alam dan budaya, pesertanya dibawa ke lokasi bencana gempa.

Nama paket turnya Paket Volunteer 3 Hari 2 Malam milik Gilis Tour & Mice yang berkantor di Rembiga, Kota Mataram, Lombok, NTB.

"Paket tur itu baru seminggu ini di-launching," ungkap Direktur Gilis Tour & Mice Lalu Suratman kepada TravelPlus Indonesia lewat pesan WA, Jumat (21/9/2018) malam.

Kendati usianya baru seumur jagung, namum paket tur itu sudah ada peminatnya berkat dipromosikan lewat akun Instagram (IG) @gilistourmice.

"Peminatnya belum banyak, tapi yang reserved sudah ada 2 grup dari Jakarta dengan total 19 orang. Grup pertama 4 orang dan grup kedua 15 orang," terang Chunk, panggilan akrab Lalu Suratman.

"Cuman mereka masih atur waktu untuk menjalani tur itu," tambah Chunk.

Harga paket wisata berbagi rasa itu Rp 1.350.000/pax, sudah termasuk donasi untuk korban gempa Lombok.

"Tapi minimal 4 orang, baru siap jalan paketnya," ungkap Chunk. 

Adapun itinerary paket tur itu, pada hari pertama grup peserta tur dijemput di Lombok International Airport (Lia).

Dari sana langsung menuju lokasi bencana. "Tepatnya di daerah terparah akibat gempa, sekitar Kayangan, Kabupaten Lombok Utara dan juga Lombok Timur secara bergantian," terang Chunk.

Bukan hanya mendatangi dan melihat lokasi bencana, peserta tur ini juga akan merasakan inap dalam tenda.

"Jadi malam pertama inap di tenda, gabung bersama masyarakat di lokasi bencana, dan sekaligus berdonasi untuk korban gempa Lombok," kata  Chunk.

Hari kedua, sesuai nama turnya, peserta menjadi volunteer atau relawan di lokasi bencana.

Malam kedua, bermalam di hotel. Selanjutnya di hari ketiga, peserta baru diajak mengikuti Sasak Tour selepas sarapan di hotel.

"Lokasi wisata yang dikunjungi di hari terakhir tur spesial ini antara lain ke Desa Sade, Pantai Mandalika, Pantai Tanjung Aan, dan Bukit Merese. Setelah itu rombongan diantar ke bandara (Lia)," pungkas Chunk.

Pantauan TravelPlus Indonesia, sebulan pasca-gempa Lombok, animo masyarakat Indonesia diberbagai kota dan daerah yang ingin membantu meringankan beban masyarakat Lombok yang tertimpa musibah gempa, masih sangat tinggi.

Buktinya sejumlah pihak menggadakan berbagai acara untuk menggalang donasi.

Di Jakarta misalnya, YISC Al Azhar menggadakan Kajian Akbar bertema #LOMBOKBANGKIT dengan menghadirkan Ustadz Abu Fida, Peggy Melati Sukma, dan Indadari, Ahad (16/9/2018).

Kajian yang bertempat di ruang utama Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (16/9/2018) ba'da Zuhur sampai jelang Asyar, berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 83,3 juta untuk pemulihan atau recovery Lombok pasca-gempa tahap kedua.

Pihak penyelenggara pun masih memberikan kesempatan buat masyarakat yang ingin bersedekah/berdonasi untuk recovery tersebut lewat rekening donasi No. 7888.222.434 Bank Syariah Mandiri (451) a.n YISC AL AZHAR QQ SPK1, dengan tak lupa mencantumkan kode 55 di belakang nominal donasi.

Konfirmasi donasinya bisa via WA/SMS dengan mengetik: YISC (spasi) No.Register (spasi) Nama Donatur (spasi) Jumlah Transfer (spasi) Tgl Transfer, lalu kirim ke 0813 1690 8891.

Nah, buat yang ingin berwisata sekaligus jadi relawan dan berdonasi langsung, mengikuti Paket Volunteer 3 Hari 2 Malam dari Gilis Tour & Mice bisa jadi pilihan.

Tapi kalau belum punya waktu untuk ke Lombok saat ini, bisa juga menerapkan cara kedua dengan bersedekah lewat rekening donasi sebagaimana tertera di atas.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig @adjitropis)

Captions:
1. Lima bocah lokal di bukit Tanjung Aan, Lombok Tengah (Loteng), NTB.
2. TravelPlus Indonesia menikmati pesona Pantai Kuta Mandalika, Loteng dari atas bukit karang.

0 Response to "Guides Terkini Tentang Mau Berwisata Sekaligus Jadi Relawan Gempa Lombok? Ini Paket Turnya"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel