Guides Terkini Tentang BPNB Aceh Ramaikan GAMIFest 2018 dengan Bioling Gratis

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh turut meramaikan culture event bertajuk Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018 dengan menggelar pemutaran film melalui Bioskop Keliling (Bioling).

Acara Bioling dalam GAMIFest atau Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo dan Alas tahun ini akan mengambil lokasi di Kampung Toweren, tepatnya di SD Negeri 2 Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh dengan memutar film-film Indonesia yang memiliki muatan nilai budaya.

Pemutaan film lewat Bioling secara gratis atau tak dikenai tiket masuk ini akan berlangsung Senin, (17/9) malam, tepatnya ba'da Isya pukul 20.00 WIB.

Kepala BPNB Aceh Irini Dewi Wanti menjelaskan Bioling ini sebagai salah satu media untuk menanamkan budi pekerti luhur kepada penonton terutama anak-anak pelajar lewat film yang diputar.

"Jadi sasaran kegiatannya adalah pendidikan karakter melalui tontonan film-film berkualitas dengan pendekatan budaya dan penanaman budi pekerti," ujarnya kepada TravelPlus Indonesia di Jakarta, Minggu (16/8).

Bioling BPNB Aceh ini, lanjut Rini juga dalam rangka meramaikan GAMIGest 2018 yang ber-tagline The Power of Nature.

Untuk menyelenggarakan pemutaran film lewat Bioling dalam GAMIFest ini, sambung Rini, pihaknya menugaskan lima orang stafnya yakni M. Liyansyah sebagai ketua dan Agung Suryo, Faiz, Dandi serta Safriyan sebagai anggota.

Menurut Agung, salah satu panitianya, untuk pemutaran film Bioling dalam GAMIFest tahun ini ditargetkan bisa menjaring seribu penonton.

"Penontonnya ditujukan untuk masyarakat tapi utamanya untuk anak dan remaja atau pelajar," terangnya di Gayo lewat pesan WA.

Pemutaran film lewat Bioling yang berlangsung semalam ini, sambung Agung akan menggunakan layar tancap asli seperti bioskop.

"Jelang sore ini layar tancapnya baru akan di-setting," tambahnya.

Selain acara pemutaran film juga ada diskusi ringan dan bersifat santai dengan anak-anak dan masyarakat tentang film yang diputar.

"Judul film yang diputar antara lain Cahaya dari Timur: Beta Maluku," ungkap Agung.

Selain pemutaran film lewat Bioling dari BPNB Aceh, GAMIFest 2018 yang digelar di empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues sejak 14 September hingga 24 November mendatang ini juga menampilkan ragam tarian Dataran Tinggi Gayo Alas antara lain meliputi Tari Guel, Tari Saman, Tari Didong, Tari Bines, dan penampilan atraksi seni menarik lainnya.

Disamping itu ditampilkan pula pentas Wonderful Gayo Alas, sport tourism, pameran, serta wisata kuliner salah satunya sajian coffee Gayo yang mendunia.

Itu sesuai dengan tema yang diangkat dalam festival tahun ini yaitu ‘The Power of Nature (Budaya, Kopi dan Alam)’.

Acara diawali dengan pembukaan GAMIFest 2018 yang berlangsung di Lapangan Musara Alun, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah pada 14 September 2018.

Acara pembukaan ini dimeriahkan dengan parade seni dan budaya, pameran, serta berbagai wisata petualangan.

Kegiatan GAMIFest 2018 secara berurutan berlangsung di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tenggara kemudian akan ditutup di Gayo Lues dalam event peringatan Tari Saman se-Dunia pada 24 November 2018 mendatang.

Ada pula lokakarya dan workshop Tari Saman yang diikuti berbagai daerah di Indonesia dan negara sahabat.

GAMIFest 2018 juga dimeriahkan dengan beragam atraksi antara lain Destination Photo Contest, Opening Ceremony, Tarian Massal, Pawai Budaya Gayo Alas, Pentas Wonderful Gayo Alas, Handicraft and Photo Expo, Coffee and Culinary Festival, Lomba Perahu Tradisional, Jet Ski Exhibition, Paramotor Show, Camping 100 Tenda, Festival Panen Kopi, Expedisi Burni Telong.

Selain itu Takengon Rafting, Aceh Bike Cross Country, Gathering Pesona Indonesia, Pacu Kuda Tradisional, Aceh Trail Adventure, Festival Agara, Wisata Arung Jeram, Pelatihan Pariwisata, dan atraksi wisata menarik lainnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Foto: agung suryo & dok.travelplus indonesia

Captions:
1. Lokasi pemutaran film lewat Bioskop Keliling (Bioling) yang digelar Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh dalam upaya turut meramaikan GAMIFest 2018.

2. Kepala BPNB Aceh Irini Dewi Wanti (bersweater dan berhijab oranye) ditemani Piet Rusdi juga dari BPNB Aceh dan Tari dari BPNB Sumbar saat di Jakarta bertemu TravelPlus Indonesia.

3. Anak-anak pelajar sudah tak sabar ingin menonton film lewat Bioling BPNB Aceh yang akan diputar malam ini.

4. Salah satu tarian tradisional Gayo.


0 Response to "Guides Terkini Tentang BPNB Aceh Ramaikan GAMIFest 2018 dengan Bioling Gratis"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel