Guides Terkini Tentang [SOLVED] Mengatasi Cups Sering Hank dan List Print Hilang Di Ubuntu 12.04

[SOLVED] Mengatasi Cups Sering Hank dan List Print Hilang Di Ubuntu 12.04 - Cups merupakan suatu modul print system untuk sistem operasi unix yang mana dapat menjadikan suatu komputer sebagai print server dalam jaringan. Cups pada ubuntu saat ini semakin mempermudah pengguna untuk menginstallasi printer salah satunya pada ubuntu 12.04 sudah menggunakan basis grapic dalam mengelola print-print yang ada dalam jaringan sehingga untuk proses nya tidak memakan banyak waktu seperti cara clasik melalui command termina, Tapi walaupun sudah berbasis grapic GUI terkadang masih ada saja masalah yang sering di temui terkait cups printer ubuntu ini contoh yang paling extrim yang akan saya bahas dalam postingan ini adalah "cups sering hang ketika di akses melalui localhost:631" tidak ada tampilan apa-apa pada sistem administrator cups, lalu list printer hilang sewaktu user dalam jaringan akan melakukan print dan yang tertera hanya generic printer pada listnya", masalah ini sangat extrim karena bisa menyebabkan terhentinya kegiatan kerja user terkait yang mau print alhasil tidak bisa print dan kerjaan harusnya kelar malah menumpuk. error tersebut bisa hilang seketika dan list printer akan kembali seperti semula dengan cara merestart services cups yaitu dengan perintah : /etc/init.d/cups restart dan ajaibnya list printer muncul kembali, namun list printer tersebut tidak bertahan lama karena ketika ada salah satu user melakukan print lagi listnyapun ikut hilang kembali di user lain yang akan print selanjutnya, harus print restart cups lagi dan lagi capekkk.., sebagai admin mungkin kita sempat mencari-cari cara di internet bagaimana untuk solved masalah tersebut dan.. alhasil nihil

Penyebab tersebut setelah admin lalui beberapa hari untuk mencari solusinya ternyata sangat simple yaitu error tersebut di sebabkan karena sistem debuging cups aktif sehingga ketika ada error tidak bisa print, printer bussy, printer not responding saat melakukan print, sistem debuging pada cups berjalan atau otomatis running yang di mana mengganggu broadcast list printer pada jaringan ke user2 terkait yang akan melakukan print,sehingga hilanglah list printer dikarenakan proses debuging tersebut.

Untuk mengatasi error hang cups dan list print hilang di atas lebih simple lagi yaitu dengan  menonaktifkan "save debuging information for troubleshooting"pada menu admin cups caranya :
1. Masuk ke halaman administrator cups server ketikan address berikut pada browser internet : localhost:631/admin
2. Lalu masukan user dan password linux ubuntu anda
3. Klik Tab Administration
4. Pada menu administration rubah settingan server seperti gambar di bawah ini :


5. Lalu klik change setting
6. Lakukan test print satu atau 2 user secara bersamaan, insyaallah cups hang dan list printer yang hilang-hilang sudah terselesaikan lancar seperti sediakala.

Ok dah sepertinya untuk solved hari ini itu aja yang bisa saya bagi semoga bisa mengatasi masalah masalah hutang anda.. eh salah masalah komputer anda maksudnya muekekekekek. semoga bermanfaat salam.. Jeemss.



0 Response to "Guides Terkini Tentang [SOLVED] Mengatasi Cups Sering Hank dan List Print Hilang Di Ubuntu 12.04"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel