Guides Terkini Tentang Paket Komplit Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi


Situ Gunung sukabumi

Hallo footravelers!

Kali ini gw mau bahas tentang  wisata wisata alam yang ada di sukabumi, tepatnya di kabupaten sukabumi yaitu daerah Cisaat. Mungkin sudah banyak warga sukabumi yang tahu tempat ini, selain tempatnya yang stratergis dan tak jauh dari pusat kota, wisata ini menawakan indahnya danau dan air terjun disatu kawasan.

Danau disini namanya danau situ gunung yang sebenarnya situ artinya danau dalam Bahasa sunda dan ada air terjun / curug sawer yang airnya selalu mengalir sepanjang tahun. Tak Cuma itu, sekarang ada objek wisata baru lho di kawasan situ gunung yaitu suspension bridge situ gunung atau biasa disebut jembatan gantung yang semakin melengkapi kawasan objek wisata situ gunung ini.

suspension bridge Situ Gunung sukabumi


Suspension bridge situ gunung ini diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang yang ada di Indonesia dengan panjang 240m dan ketinggian 150m. Supension bridge ini menghubungkan 2 bukit yang terpisah sekaligus menjadi jalan pintas yang bisa dipakai untuk menuju ke air terjun/curug sawer, jadi pengunjung tak perlu repot repot untuk turun-naik bukit untuk mencapai curug sawer. Tak hanya itu, jaraknya yang panjang dan pemandangan yang bagus disini menjadi spot foto yang menarik bagi pengunjung, dijamin kekinian kalau sudah foto disini hehe.

Tapiii, ada tapinya nih ya guys, untuk sekarang per bulan mei 2018 suspension bridge situ gunung belum dibuka untuk umum, alias maasih digembok! Sebenarnya pembuatan suspension bridge nya sudah rampung dari akhir bulan januari, tetapi menurut desas desus yang gw denger alasan belum dibukanya suspension bridge ini karena menunggu pembangunan penginapan dan tempat makan yang ada di kawasan situ gunung ini beres dulu, nah sehabis itu baru deh suspension bridge nya dibuka. Mau tau kapan suspension bridge nya dibuka? Monggo dibaca sampai akhir. 

Tapi memang (yah kok tapi lagi -_-) kemarin pas gw kesana pembangunan lagi gencar gencarnya, mulai dari dekat pintu masuk kawasan situ gunung sampai dengan dekat curug sawer.
Kalo dilihat dari konstruksinya sih bakal ada spot foto baru diatas bukit, tapi belum pasti juga karna itu cuma gw aja yang sok tau hehe. Seru sih kalau semua fasilitas disini sudah beres, bakal lengkap banget sih keliatannya, kayanya nanti juga bakal kaya tempat wisata alam ala ala lodge maribaya yang ada di lembang bandung.

pendopo curug sawer Situ Gunung sukabumi


Oiya di curug sawer juga sekarang sudah ada pendopo untuk spot foto di depan air terjunnya lho, jadi ya bisa dibilang tempat ini instagramable banget deh. Seperti yang udah gw debutin di atas, didekat curug sawer pun sedang ada pembangunan yang gw pun gatau itu mau dibikin apa, yang keliatan udah jadi Cuma fasilitas masjid doing sih, dan masih ada beberapa spot yang belum jadi di kawasan curug sawer ini. Buat kalian yang mau main basah basahan, ga perlu kuatir karna disini juga sudah tersedia toilet.

Situ Gunung sukabumi


Kok kayanya gw cerita masih banyak yang kurang ya? Oiya gw belum ceritain danau nya hehe. Untuk kalian yang ingin bersantai tanpa naik turun bukit, kalian bisa langsung ke danau situ gunung ini. Disini cocok buat ngobrol ngobrol tepi danau sambil melihat pemandangan danau yang luas, tapi jangan lupa kopinya dibawa yaa hehe. Ga bawa kopi? Seloooow disini banyak pedagang kok, jadi gampang deh kalo mau jajan, tempat solat pun sudah ada disini, jadi kalo kalian pengen solat yang adem, ditemani angin sepoy-sepoy  datenglah kesini hehe.

Nah untuk kalian yang belum tau lokasi dan jalan ke lokasi kawasan wisata situ gunung ini, tempatnya berada di cisaat sukabumi, tak jauh dari kota sukabumi. Dari arah kota sukabumi hanya cukup belok kanan disebrang alun alun cisaat tepatnya pertigaan sebelah polsek cisaat dan kalau kalian dari arah bogor, belok kiri di sebrang alun alun cisaat yaa. Dari situ hanya lurus mengikuti jalan saja sampai mentok dikaki gunung gede kira kira jaraknya sekitar 10 KM , nanti ada plang kawasan wisata situ gunung. Nah untuk yang tak membawa kendaraan pribadi, perjalanan kesini bisa ditempuh menggunakan angkot warna merah yang ada di pertigaan samping polsek cisaat, kalau naik angkot turun dimana? Pokoknya sampe angkotnya berenti di batas trayeknya, nah dari situ bisa dilanjutkan jalan kaki atau naik ojek. Ongkosnya berapa? Gw gatau soalnya kemarin bawa kendaraan pribadi hehe.
Untuk tiket masuknya (sejauh ini per bulan mei 2018) harganya Rp. 16.000 per orang (belum termasuk parkir kendaraan). Mungkin kalau sudah jadi fasilitasnya atau setelah suspension bridge dibuka, harga bisa naik, siapa yang tau?

Tapi menurut gw harga segitu sebanding deh sama tempat wisata yang ada, disamping itu tempatnya bersih kok, ga banyak sampah soalnya banyak tong sampah yang disediakan oleh pihak pengelola (YAIYALAH MASA UDAH BANYAK TEMPAT SAMPAH MASIH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, MALU KALI SEKOLAH 9 TAHUN TAPI MASIH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, EMANGNYA BUANG MANTAN TUH SEMBARANGAN!).

Untuk keseluruhan tempatnya bagus, cocok untuk liburan keluarga, atau untuk sekedar jalan bareng gebetan yang ga jadi-jadi *eh kan*. Kalo kesini bawa gebetan sih fix dijamin gebetanmu bakal suka, tapi suka tempatnya aja bukan suka kamu haha.

Daaaan gw dapet bocoran katanya kemungkinan suspension bridge dibuka abis lebaran ini, mungkin sekitaran juni – juli, yaaa semoga saja, namanya juga rumor yah netijen, disemogakan saja seperti ia yang selalu aku semogakan haha.

Yap cukup yah nulisnya, masa iya mau dipanjangin lagi, mau ngomongin apa? Masa lalu? Masa depan? Au ah.

Udah ah, tapi gw ga bosen ngingetin buat yang mau berkunjung kemanapun tempat wisatanya, SAMPAH JANGAN DIBUANG SEMBARANGAN karna itu untuk kenyamanan kita juga.

Dunia seluas kaki melangkah –footravelers.

0 Response to "Guides Terkini Tentang Paket Komplit Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel