Guides Terkini Tentang Estimasi Biaya dan Tips Pendakian Gunung Semeru 2018

footravelers estimasi biaya pendakian semeru

Hallo footravelers!

Kali ini saya akan membahas tentang gunung semeru lagi, jika kemarin saya bahas estimasi waktu pendakian semeru, sekarang saya akan bahas tentang estimasi biaya pendakian gunung semeru april tahun 2018, kebetulan memang jalur pendakian gunung semeru telah dibuka lagi awal april kemarin.

Sebenarnya saya sudah pernah membahas estimasi biaya pendakian semeru juga di blog saya yang dulu, tapi karena ongkos pendakian semeru yang tiap tahunnya selalu berubah seperti harga tiket kereta, harga jeep menuju semeru, dan harga simaksi semeru setiap tahunnya selalu berubah.

Maka dari itu saya akan menulis lagi atau lebih tepatnya mengupdate artikel lama saya  menjadi estimasi biaya pendakian gunung semeru april tahun 2018.

Gunung semeru yang terletak diantara Kab. Malang dan Kab. Lumajang memiliki ketinggian 3676 MDPL , tak heran banyak orang ingin sekali mendaki gunung ini, selain karena menjadi gunung tertinggi di pulau jawa, gunung semeru pun semakin memikat karena mempunyai danau di jalur pendakiannya yaitu ranu kumbolo.

footravelers estimasi biaya pendakian semeru

Yap langsung saja pada pembahasan estimasi biaya  pendakian gunung semeru.

Saya berangkat dari Jakarta bersama ke 2 teman saya naik kereta matarmaja pulang pergi dengan ongkos Rp 218.000 per orang atau Rp 109.000 sekali jalan. Jika anda berangkat dari kota lain silahkan cek tiket kereta nya di situs resmi KAI.

Waktu itu berangkat dari Jakarta hari rabu pukul 15:15 dan sampai malang hari kamis pukul 7:51 dengan rencana pendakian hari kamis sampai minggu 4 hari 3 malam.

Setelah sampai di stasiun malang saya bertemu dengan rombongan lain yang menuju semeru juga. Perjalanan dilanjutkan dengan carter mobil angkot stasiun malang – pasar tumpang. Harga per mobil sebenarnya pinter-pinter nawar kita saja rentang harga nya sekitar 130-150 ribu tapi si sopir pasti nawarin lebih dari harga itu, makannya tawat aja semampu kalian hehe. Kemarin saya dapat harga per 1 mobil Rp. 130.000 atau Rp. 17.000 per orang karena rombongan saya gabung dengan romongan lain sebanyak 5 orang jadi total 8 orang, murah bukan?

Tapi ini untuk skenario lebih dari 5 orang, jika kalian hanya bertiga dari statsiun malang menuju tumpang, saya ada alternative lain yaitu naik angkot jurusan terminal arjosari, dari terminal arjosari naik angkutan yang menuju ke tumpang. Saya tidak tahu berapa harganya, yang pasti akan lebih murah dibanding kalian carter 1 angkot bertiga. Kalau carter angkot bertiga harga gabakal beda jauh sama harga carter angkot berdelapan paling hanya diberi kurang Rp. 10.000 saja.

Nah setelah sampai di tumpang jika ada yang mau dibeli, langsung beli di pasar, atau jika ada kekurangan peralatan bisa juga sewa disitu, pokoknya persediaan yang belum lengkap bisa dilengkapi ditumpang.

Oiya dalam syarat pendakian gunung semeru terbaru 2018, surat sehat harus yang terbaru, kalau tidak salah pembuatan surat sehat maksumal H-1 dari waktu pendakian, jadi jika kalian belum membuat surat sehat untuk syarat pendakian gunung semeru, kalian bisa tanyakan ke abang jeep klinik pemeriksaan kesehatan di sekiar tumpang.

Harga jeep untuk perjalanan tumpang – ranu pani sekitar Rp. 700.000 dan tidak bisa ditawar.

Disini ada 2 opsi

  1. Menunggu  sampai jeep penuh biasanya 10-12 orang
  2. Langsung berangkat berapa orang pun meskipun belum penuh, tapi harga yang dikenakan tetap sama soalnya yang dihitung per mobil bukan per orang.

Saya memakai opsi pertama karena barengan saya 8 orang jadi saya menunggu 2 sampai 4 orang lagi untuk berangkat dan akhrnya saya berangkat di jeep 10 orang, ada tambahan 2 orang yang baru datang. Otomatis ongkos per orangnya Rp. 70.000 .

Sebenarnya ada alternative lain jika ingin lebih murah dan ga ribet yaitu carter jeep dari stasiun malang langsung ke ranu pani, banyak tempat carter jeep online, sebenarnya tempat penjemputan bisa disesuaikan tidak harus di st.malang tergantung kesepakatan dengan tempat sewa jeep itu. Harga carter jeep untuk pulang pergi mulai dari Rp. 150.000 sampai Rp. 300.000 per orang. Biasanya kalau carter jeep begini banyak keuntungannya, bisa dapet basecamp gratis dan lain lain.

Nah setelah tiba di ranu pani kita akan diajak briefing untuk diberi penjelasan mengenai aturan main jika ingin mendaki gunung semeru.

Masih ada yang nanya setelah briefing terus ngapain? Ya langsung nanjak atuhlah, eh ngga deh, harus konfirmasi pendaftaran dulu hehe

Nanjak semeru itu banyak godaannya, tiap pos jajan terus, dimana lagi nanjak gunung ada yang jual semangka sama gorengan yang super nikmat kaya di semeru (biasanya uang jajan terkuras disini).

Oiya tadi seperti yang telah disinggung di atas, TNBTS mengeluarkan peraturan pendakian gunung semeru baru tahun 2018 yaitu mendaftar simaksi online seperti pendaftaran simaksi yang dilakukan di gunung gede pangrango TNGGP. Jadi uang dibayarkan terlebih dahulu dengan cara transfer bank.

Untuk tarif mendaki gunung semeru dikenakan biaya Rp. 17.500 untuk week day dan Rp. 22.500 untuk week end. Saya melakukan pendakian hari kamis sampai hari minggu artinya saya harus membayar 2 hari weekday dan 2 hari weekend sebesar Rp. 80.000

Tarif tersebut berlaku untuk wisatawan lokal, ada harga kusus untuk wisatawan asing yaitu Rp. 210.000 untuk weekday dan Rp. 310.000 untuk weekend.

Nah jika naik gunungnya sudah selesai, sekarang kita bahas biaya untuk perjalanan pulang.

Dari ranupani – st.Malang , saya dapat jeep yang mau mengantar langsung ke stasiun malang dengan harga Rp. 700.000 untuk 8 orang jadi kita gaperlu ribet lagi nyari angkutan di tumpang.

Harganya kenapa sama padahal disini langsung dari ranu pani – st malang lebih jauh daripada perjalanan tumpang-ranu pani, karena di ranupani ini saya ditawari langsung oleh sopirnya untuk perjalanan pulang (gapake calo) walaupun ada calo tapi saya hoki mendapat tawaran langsung dari sopirnya. Disini kalian bisa koordinasi/tawar menawar harga dan sampai kemana di antarkannya.

Mungkin ada yang lebih murah lagi? tulis di komen yak!

Nah pulangnya saya naik kereta matarmaja lagi yang berangkat dari st malang pukul 17:30 sampai pukul 9:20 di pagi keesokan harinya di St. Senen (jkt) dengan harga yang sama yaitu Rp. 109.000.

Perlu diingat tiket kereta untuk weekend biasanya sudah habis jauh jauh hari, jika kehabisan mau tidak mau kalian harus beli yang harga lebih dari Rp. 200.000 maka pesanlah tiket dari jauh jauh hari supaya dapat tiket yang murah, kecuali kalau anda memang memiliki budget berlebih.

Karena perjalanan kereta lumayan lama yaitu sekitar 16 jam maka sediakan anggaran untuk membeli bekal makan  di luar stasiun, karena jika mambeli makan di kereta sekali makan bisa kena harga lebih dari 30 rb

Nah ringkasan biaya nya seperti dibawah ini.

No Nama Perjalanan angkutan Banyak Orang Biaya per kelompok Biaya Per orang
1 St. Senen – St. Malang Kereta Matarmaja 3 Rp. 327.000 Rp. 109.000
2 St. Malang – Pasar Tumpang Carter angkot 8 Rp. 130.000 Rp. 17.000
3 Pasar tumpang – Ranu Pani Carter Jeep 10 Rp. 700.000 Rp. 70.000
4 Ranu pani – st. Malang Carter Jeep 10 Rp. 700.000 Rp. 70.000
5 St. malang – St. Senen Kereta Matarmaja 3 Rp. 327.000 Rp. 109.000
6 Bekal di kereta ( 2 kali makan) pulang pergi
3 Rp. 120.000 Rp. 40.000
7 Patungan logistik dan sewa alat
3 Rp. 400.000 Rp. 133.000
9 Simaksi 4 H 3 M 3 Rp. 240.000 Rp. 80.000
8 Uang jajan Pribadi

Rp. 100.000
10 Biaya tak terduga Rp. 70.000
Jumlah Rp. 798.000

Jadi biaya yang dibutuhkan untuk pedakian gunung semeru dari Jakarta minimal 700 – 800 ribu saja memang ada perbedaan harga dari tahun 2016 kebanyakan yang berubah dari transportasi angkot serta jeep menuju ranu pani dan ketika pulangnya.

Yap cukup sampai sini saja tulisan kali ini, jika anda sudah membaca estimasi biaya pendakian gunung semeru 2018m jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom kimentar yaa. Tak lengkap jika tidak membaca estimasi waktunya, silahkan disimak artikelnya di link berikut ini Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru.

Mau membaca estimasi pendakian lainnya? Monggo menuju ke artikel Estimasi Biaya Pendakian Gunung Merbabu.

jika ada yang ingin ditanyakan tidak usah sungkan untuk menulisnya di komentar, saya akan menjawabnya sebisa saya.

Nantikan tulisan-tulisan selanjutnya dari kami.

Dunia seluas kaki melangkah – Footravelers

0 Response to "Guides Terkini Tentang Estimasi Biaya dan Tips Pendakian Gunung Semeru 2018"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel