Guides Terkini Tentang Apa itu tag b:if dan b:else pada template Blogspot

Blogger memiliki tag spesial dalam template HTML nya, mereka adalah <b:if> dan <b:else>. Apa itu tag b:if dan b:else dalam template blogspot? Kita cari tau yuk di artikel berikut ini.

Tag <b:if> dan <b:else> adalah tag spesial yang hanya bisa di gunakan pada template XHTML untuk blogger dan tidak bisa di gunakan pada widget HTML/JS di bagian Tata Letak atau Layout.

Dengan adanya tag <b:if> dan <b:else> dalam template blogspot kita, kita dapat dengan mudah mengetahui masing masing bagian dalam template blogspot kita.

Misalnya kita ingin mengetahui isi dari single post atau halaman post artikel pada blog kita itu apa aja, kita tinggal cari kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>...content...</b:if>

Tag di atas adalah petunjuk jika di semua element yang berada dalam tag di atas atau di bungkus menggunakan tag tersebut hanya bisa muncul dalam single post atau halaman full artikel anda.

Apa itu tag b:if dan b:else pada template Blogspot
Tag BIF dan ELSE


Contoh penempatan Tag b:if dan b:else pada template blogspot


Tag <b:if> dan <b:else> bisa kita lihat di bagian dalam template blogspot kita dengan bentuk seperti ini :

Item



<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>...content...</b:if>

Tag di atas hanya akan menampikan isi dari single post, misalnya tampilan full artikel kita, jika misalkan anda akan memasukan kode iklan adsense bisa menggunakan tag di atas dengan cara di bungkus. Contoh :



<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>..Kode IKLAN adsense Anda..</b:if>

Static



<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'>...content...</b:if>

Tag di atas sudah tentu sesuai dengan nama page type nya hanya akan menampilkan isi untuk halaman statis, misal anda akan membuat form contact atau mematikan komentar dengan css style atau apapun itu gunakanlah tag di atas sebagai pembungkus.

Contoh penulisannya sama dengan di atas. Jadi bisa di coba dengan sangat mudah.

Index



<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>...content...</b:if>

Nah kalau yang ini adalah tag yang hanya akan menampilkan index dari isi blog kita yang akan di sortir menurut label dan tanggal penerbitan. Misalkan anda membuka halaman dengan label adsense, maka yang akan di tamlilkan adalah isi artikel yang menggunakan label adsense.

Archive



<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>...content...</b:if>

Sudah kelihatan dari nama pagetype nya bahwa jika di dalam tag di atas hanya akan menampilkan daftar archive dari blog kita dari tahun ke tahun dengan tampilan yang bisa kita sesuaikan dalam tag tersebut. Intinya buatlah daftar list url dan bungkus dengan tag di atas.

Homepage URL



<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>...content...</b:if>

Khusus untuk menampilkan konten di dalam homepage, misalnya kita mengetikan url blog kita, maka yang di tampilkan itu adalah konten yang terbungkus dengan tag di atas.

Masih banyak sebenarnya jenis tag b:if dan b:else dalam template blogspot kita jika mau mengulik lebih dalam lagi, seperti berikut ini :


<b:if cond='data:blog.url == "specific-URL-on-the-blog"'>...content...</b:if>


<b:if cond='data:blog.pageType == "error_page"'>...404 note content...</b:if>

Spesifik URL dan Eror page yang sudah tentu kita tau bahwa itu adalah tag pembungkus untuk halaman dengan url tertentu dan juga halaman kesalahan 404.

Kita bisa membuat custom template halaman 404 dengan tag pembungkus di atas.

Bagaimana, mudah dipahami kan? Saya juga sedang baru memahami tentang seluj beluk template blogspot dan ternyata lebih mudah di cerna ketimbang template wordpress.

Tapi bisa di bilang sama saja sih, cumq beda jalan namun tujuan dan maksud sama.

Demikianlah artikel tentang apa itu tag b:if dan b:else kali ini, mungkin di lain kesempatan akan saya bahas kembali lebih dalam lagi. Karena berbagi itu indah dan ini itung itung untuk tetap mengingat apa yang telah saya pelajari dari template blogspot baru baru ini.

Semoga bermanfaat, Mohon maaf jika tak ada gambar, karena postingnya cuma lewat hp dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar di bawah.

0 Response to "Guides Terkini Tentang Apa itu tag b:if dan b:else pada template Blogspot"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel