Guides Terkini Tentang PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Pengertian Pertumbuhan Vs Perkembangan - Hal yang belum banyak dipahami ketika sebuah materi pelajaran disampaikan secara monoton. Maksudnya, seorang pengajar akan memberikan materi ajar hanya satu metode atau cara penyampaiannya itu-itu saja.

Menyikapi hal tersebut, blog melajah.com mencari alternatif dalam proses belajar yang menyenangkan dan kreatif. 
Lihat juga: metode belajar Paikem
Blog pendidikan (Melajah.com) akan hadir untuk meyakinkan para peserta didik dalam mempelajari suatu materi pelajaran. Dengan metode yang diterapkan dalam postingan hari ini, diharapkan semua siswa di Indonesia akan mudah mengerti, memahami dan menerapkannya di masyarakat nantinya.

Sebagai contoh:
Materi yang akan disampaikan hari ini adalah mengenai 
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Faktanya;
Ketika kita mendapatkan materi pertumbuhan dan perkembangan, peserta didik akan membaca buku, mulai dari Judul, pengertian sampai dengan contoh-contohnya.

Cara yang lama ini, bisa anda hapus (dalam memory otak) agar sistem monoton yang bertahun-tahun hilang, karena apabila hal ini dibiarkan maka, akan menurunkan sifat kreatifitas dari siswa tersebut. Masuk akal kan?

Baiklah........
Hari ini akan saya berikan sebuah cara, agar pemikiran peserta didik bisa bersaing dan menampung materi pelajaran lebih banyak.

Pertama:
Pahami Pengertian, Contoh dan Konsepnya secara bertahap agar materi Pertumbuhan dan Perkembangan bisa masuk ke dalam memory otak yang paling dalam.

Kedua:
Buatlah konsep (peta konsep) untuk mendukung Cara belajar efektif. Konsep belajar yang dimaksud, bisa berbeda bentuknya, hal ini disesuaikan dengan cara masing-maisng individu menghafal materi pelajaran.

Demi memahami konsep yang disampaikan tadi, berikut ini saya berikan sebuah contoh konsep yang berkaitan dengan topik pelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan (Tumbuhan, Hewan, manusia).
Melajah.com adalah blog pendidikan dalam memperkuat kreatifitas siswa dalam belajar.
Untuk memahami materi Pertumbuhan dan perkembangan, sebaiknya setiap peserta didik mengkonsepkan materi dengan teorinya berupa ringkasan (membuat rangkuman). 

Simplenya; 
Untuk memudahkan pemahaman anak didik, dalam menerapkan pengertian Pertumbuhan atau perkembangan, Inilah rangkuman yang bisa saja anda gunakan dalam persentasi di kelas atau nilai tugas yang ditugaskan oleh guru di sekolah.

Pertumbuhan merupakan Proses bertambahnya jumlah sel tubuh dari organisme yang disertai dengan menambah tinggi, pertambahan ukuran volume dan berat massa tubuh yang sifatnya Irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk semula). Selain itu, Pertumbuhan juga bersifat Kuantitatif (bisa diukur dalam bentuk jumlah angka). Pada dasarnya pertumbuhan dapat di lihat berdasarkan fisiknya.
contohnya
> Batang tumbuhan yang semula 3 cm menjadi 10 cm
> Balita beratnya 5 kg berubah menjadi 8 kg
Pahami: alat ukur pertumbuhan tumbuhan disebut; auksanometer
Setelah kita memahami pengertian pertumbuhan, selanjutnya pengertian Perkembangan yaitu sebuah Proses diferrensiasi, organoginesis dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan dewasa. Singkatnya Perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan yang ifatnya kualitatif dan reversible. Perkembangan ini dapat di lihat dari segi fungsionalnya.
Contohnya
> Pematangan sel ovum dan sperm, 
> Pematangan hormon-hormon dalam tubuh.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan
blog melajah akan memberikan materi terbaiknya dalam menunjang oendidikan yang kreatif
Anak-anak tahu gak, apa faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan dan perkembangan?

Sebelumnya kita pahamin dahulu, Faktor ekternal dan Internal dari materi ini.

Faktor Eksternal (berasal dari luar tubuh)
  • Suhu
  • Cahaya
  • Kelembaban
  • Air dan tanah

Faktor Internal (Faktor yang berasal dari dalam tubuh)
  • Genetik
  • Hormon
  • Nutrisi

Untuk istilah-istilah seperti yang tertera di dalam teorinya, silahkan baca kembali Peta konsep dari melajah.com
Selanjutnya komentar anak-anak sangat diharapkan untuk materi yang belum dipahami, dimana kritikan yang membangun menjadi prioritas., Hasilnya nanti akan membangkitkan perkembangan blog di masa depan.
Selamat belajar dan majulah pendidikan Indonesia.,

0 Response to "Guides Terkini Tentang PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel