Guides Terkini Tentang MUTASI GEN ADALAH, IPA Kelas XII

Majulah Pendidikan Indonesia!

Mutasi Gen - Topik hari ini akan kita bahas mengenai materi Mutasi secara singkat, berdasarkan Kosep belajar yang diterapkan melajah.com

Sebelum membuat konsep tentang Materi Mutasi, sebaiknya kita pahami teorinya berdasarkan metode Admin. Mulai dari Pengertian Mutasi, pembagian mutasi, dampaknya sampai dengan keterangan istilah yang berkaitan dengan pelajaran ini.
Mutasi Adalah
Sebuah peristiwa perubahan susunan materi genetik (gen atau kromosom) pada suatu organisme dan sifat yang dihasilkan akan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Mutasi ini dapat disebabkan oleh kesalahan replikasi materi genetika, selama pembelahan sel oleh radiasi, bahan kimia (mutagen), oleh virus atau bisa juga terjadi selama proses meiosis.
Genetika adalah ilmu pewarisan keturunan (hereditas)

  • Pengertian Mutasi dalam bentuk bahasa yang berbeda, yaitu; Perubahan kimiawi pada satu atau lebih pasangan basa dalam satu gen tunggal yang menyebabkan perubahan sifat individu tanpa perubahan jumlah dan susunan kromosomnya.
  • Mutasi adalah perubahan pada materi genetik suatu mahluk hidup yang terjadi secara tiba-tiba, acak dan merupakan dasar bagi sumber variasi organisme hidup yang bersifat terwariskan (heritable).
  • Mutasi bisa dibilang sebagai perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen maupun taraf kromosom.

Istilah mutasi diterapkan pertama kali oleh; hugo de Vries

Mutasi pada tinggkat kromosom disebut dengan Aberasi.
Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar bagi kalangan pendukung evolusi mengenai munculnya variasi baru pada spesies. Perubahan pada sekuens basa DNA akan menyebabkan perubahan pada protein yang dikode oleh gen.

Mutasi gen yang disebabkan oleh adanya perubahan dalam urutan nukleotida perubahan genotif.
Bahan-bahan penyebab terjadinya mutasi disebut dengan Mutagen. Sedangkan individu yang memperlihatkan perubahan sifat (fenotif) akibat mutasi disebut mutan.

Contoh; bila gen yang mengkode suatu enzim mengalami mutasi, maka enzim yang dikode oleh gen mutan tersebut akan menjadi inaktif atau berkurang keaktifannya, akibat perubahan sekuens asam amino. Namun, mutasi dapat pula menguntungkan ketika enzim yang berubah oelh gen mutan tersebut justru meningkat aktivitasnya dan menguntjngkan bagi sel.

Sang ilmuan mengemukakan perubahan fenotip yang mendadak pada bunga oenothera lamarckiana dan bersifat menurun. Ternyata perubahan tersebut terjadi karena adanya penyimpangan dari kromosomnya.

Adapun penelitian lalat buah Drosophila melanogater (Morgan 1910), dilanjutkan oleh muridnya Yoseph Muller berhasil dalam percobaanya dengan menemukan mutasi buatan menggunakan sinar X.

ilmu genetika dapat membawa informasi genetik, dimana gen ini direplikasikan dan dilewatkan dari generasi berikutnya serta sebuah informasi akan diekspresikan di dalam organisme yang akan menentukan karateristik bersangkutan.

Berdasarkan materi hereditasnya, mutasi dibedakan menjadi mutasi gen dan mutasi kromosom.

Berdasarkan jenis selnya, mutasi terbagi menjadi dua, yaitu; mutasi somatis dan mutasi germinal

Berdasarkan mekanisme terjadinya, mutasi dibedakan menjadi dua; mutasi alami dan mutasi buatan.

Berdasarkan efek dan pengaruh yang yang ditimbulkan, mutasi terbagi menjadi empat; mutasi missense, mutasi non sense, mutasi netral dan mutasi diam.
 Pahami terlebih dahulu teori ini;
Informasi genetik di dalam sel disebut Genom
Genom sel diorganisasi di dalam kromosom.
Kromosom mengandung gen.
Gen adalah segmen dari DNA (kecuali pada beberapa virus RNA).
Gen inilah yang mengkode Protein.
Kromosom merupakan suatu struktur yang mengandung DNA.
Disini DNA secara Fisik akan membawa informasi herediter. Perkembangan Biologi molekuler menjadi lebih cepat sejak muncul rekayasa genetika (kita akan bahas di lain postingan), yang memungkinkan penggandaan, isolasi gen dan mutasi genetik.

        Baiklah, kita bahas satu materi terlebih dahulu, dimana konsep melajah.com akan mempermudah pemahaman anda tentang Mutasi gen.

Mutasi Gen adalah
Sebuah perubahan kimiawi pada satu atau beberapa pasangan basa dalam satu gen tunggal yang menyebabkan perubahan sifat individu tanpa perubahan jumlah dan susunan kromosomnya.

Mutagen bahan biologi, diduga virus dan bakteri dapat menyebabkan terjadinya mutasi.

Jenis-Jenis Mutasi Gen

Menurut Kejadiannya
a) Spontan (spontaneous mutation)
Mutasi spontan adalah mutasi (perubahan materi genetik) yang terjadi akibat adanya sesuatu pengaruh yang tidak jelas, baik dari lingkungan luar maupun dari internal organisme itu sendiri. Mutasi ini terjadi di alam secara alami (spontan), dan secara kebetulan.

b. Induksi (induced mutation)
Mutasi terinduksi adalah mutasi yang terjadi akibat paparan dari sesuatu yang jelas, misalnya paparan sinar UV. Secara mendasar tidak terdapat perbedaan antara mutasi yang terjadi secara alami dan mutasi hasil induksi.

Berdasarkan jenis sel yang bermutasi
a) Mutasi somatik adalah mutasi yang terjadi pada sel-sel somatik. Mutasi somatik dapat diturunkan dan dapat pula tidak diturunkan.
Mutasi somatik dapat dialami oleh embrio/janis maupun orang dewasa.
1)    Mutasi somatik pada embrio/janin menyebabkan cacat bawaan
2)    Mutasi somatik pada orang dewasa cenderung menyebabkan kanker.

b) Mutasi gametik germinal adalah mutasi yang terjadi pada sel gamet. Karena terrjadinya di sel gamet, maka akan diwariskan oleh keturunannya. Mutasi gametik disebut mutasi germinal. Bila mutasi tersebut menghasilkan sifat dominan, akan terekspresi pada keturunannya. Bila resesif maka ekspresinya akan tersembunyi.

Berdasarkan jenis kromosom yang mengalami mutasi pada sel gamet:
1)    Mutasi autosomal
Mutasi sel kelamin yang terjadi pada kromosom autosom. Mutasi jenis ini menghasilkan mutasi yang dominan dan mutasi yang resesif.
2)    Mutasi tertaut kelamin
Mutasi sel kelamin yang terjadi pada kromosom seks (kromosom kelamin), berupa tertautnya beberapa gen dalam kromosom kelamin

Berdasarkan Bagian yang Bermutasi
Berdasarkan bagian yang bermutasi, mutasi dibedakan menjadi mutasi gen dan mutasi kromosom.

a) Mutasi Gen
Mutasi gen pada dasarnya merupakan mutasi titik. Mutasi titik (point mutation) merupakan perubahan kimiawi pada satu atau beberapa pasangan basa dalam satu gen tunggal. Peristiwa yang terjadi pada mutasi gen adalah perubahan urutan-urutan DNA.

Jenis-jenis mutasi gen adalah sebagai berikut:
1. Mutasi salah arti (missense mutation), yaitu perubahan suatu kode genetik (umumnya pada posisi 1 dan 2 pada kodon) sehingga menyebabkan asam amino yang terkait pada rantai polipeptida berubah. Perubahan pada asam amino dapat menghasilkan fenotip mutan apabila asam amino yang berubah merupakan asam amino esensial bagi protein tersebut. Jenis mutasi ini dapat disebabkan oleh peristiwa transisi dan tranversi.

Contoh missense mutation
TACAACGTCACCATT
Untai sense mRNA
AUGUUGCAGUGGUAA
Metionin-fenilalanin-glisin-triptofan
TACAACtTCACCATT
AUGUUGaAGUGGUAA
Metionin-fenilalanin-lisin- triptofan

2. Mutasi diam (silent mutation), yaitu perubahan suatu pasangan basa dalam gen (pada posisi 3 kodon) yang menimbulkan perubahan satu kode genetik tetapi tidak mengakibatkan perubahan atau pergantian asam amino yang dikode. Mutasi diam biasanya disebabkan karena terjadinya mutasi transisi dan tranversi.
Contoh Silent mutation :
TACAACGTCACCATT
Untai sense mRNA
AUGUUGCAGUGGUAA
Metionin-fenilalanin-glisin-triptofan
TACAAgGTCACCATT
Untai sense mRNA
AUGUUcCAGUGGUAA
Metionin-fenilalanin-glisin-triptofan

3. Mutasi tanpa arti (nonsense mutation), yaitu perubahan kodon asam amino tertentu menjadi kodon stop,yang mengakhiri rantai, mengakibatkan berakhirnya pembentukan protein sebelum waktunya selama translasi. Hasilnya adalah suatu polipoptida tak lengkap yang tidak berfungsi Hampir semua mutasi tanpa arti mengarah pada inaktifnya suatu protein sehingga menghasilkan fenotip mutan. Mutasi ini dapat terjadi baik oleh tranversi, transisi, delesi, maupun insersi.
   
Mutasi tanpa arti
Mutasi tanpa arti
4. Mutasi Pergeseran Kerangka/perubahan rangka baca (frameshift mutation). Mutasi ini merupakan akibat penambahan atau kehilangan satu atau lebih nukleotida di dalam suatu gen. Hal ini mengakibatkan bergesernya kerangka pembacaan. Selama berlangsungnya sintesis protein, pembacaan sandi genetis dimulai dari satu ujung acuan protein yaitu mRNA, dan dibaca sebagai satuan tiga basa secara berurutan. Karena itu mutasi pergeseran kerangka pada umumnya menyebabkan terbentuknya protein yang tidak berfungsi sebagai akibat disintesisnya rangkaian asam amino yang sama sekali baru dari pembacaan rangkaian nukleotida mRNA yang telah bergeser kerangkanya (yang ditranskripsikan dari mutasi pada DNA sel). Tipe mutasi ini digambarkan pada gambar di bawah ini.
Mutan Pergeseran Kerangka
Mutan Pergeseran Kerangka

Gambar di atas merupakan mutasi pergeseran kerangka, sebagai akibat penyisipan satu nukleotida pada suatu gen. penyisipan satu nukleotida pada suatu gen mengakibatkan transkripsi satu nukleotida tambahan pada mRNA. Ini mengakibatkan pergeseran kerangka ketika kodon-kodon dibaca selama berlangsungnya translasi sehingga semua kodon setelah penyisipan menjadi berubah dan semua asam amino yang disandikan menjadi berubah pula. Mutasi pergeseran kerangka sebagai akibat delesi satu nukleotida pada pokoknya akan mempunyai efek yang sama.


belum Selesai gan, nanti postingan ini akan lebih disederhanakan kembali.

0 Response to "Guides Terkini Tentang MUTASI GEN ADALAH, IPA Kelas XII"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel