Guides Terkini Tentang METODE PEMBELAJARAN INQUIRY

Sering menggunakan metode belajar dalam mengajar?
Secara umum, metode yang sering digunakan adalah ceramah atau berkelompok (Grup). Namun ketika kita menggunakan satu atau dua metode, tentunya akan sangat monoton atau membosankan bagi diri sendiri atau siswa.

Mengatasi hal tersebut, di blog melajah.com akan membahas satu tambahan metode Pembelajaran yaang bisa anda gunakan sebagai keberhasilan proses belajar. Metode yang saya maksud adalah Metode Pembelajaran Inquiry.
method learning, inquiry
Pada prinsipnya, Metode Inquiry bisa meningkatkan hasil belajar anak, karena;
  • Berorientasi pada pengembangan intelektual
  • Menggunakan prinsip interaksi, bertanya dan belajar untuk berpikir serta prinsip keterbukaan.
Kita bisa melihat keberhasilan siswa tidak langsung berdampak terhadap nilai yang dihasilkan. Namun, secara perlahan jika menerapkan metode ini, alhasil perubahan pola pikir anak akan terlihat nyata.

Metode inkuiri, berasal dari bahasa inggris yang merupakan salah satu teknik / cara yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas.

Penerapannya meliputi;
> Guru memberikan tugas meneliti suatu masalah di dalam kelas
> Siswa membagi diri menjadi beberapa kelompok
> Selanjutnya masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk dipecahkan bersama kelompok

Tujuan Metode ini yaitu; memberikan latihan khusus kepada siswa agar berpikir terlebih dahulu dan tidak menyimpulkan (hipotesa) sesuatu secara tergesa-gesa, selain itu dengan penerpan metode inkuiri, Siswa mampu menimbang masalah dengan hasil kesimpulan yang pasti sesuai dengan data yang ada.

Siswa disini akan dirangsang dengan pola pikir baru, dimana masalah yang akan di bahas dianalisa secara detail untuk pemecahannya, dalam bahasa inggrisnya bisa dikatakan (Problem solving method). Hal yang pali utam dilatih tentang kecakapan suatu permasalahan yang dilihat dengan alasan-alsaan yang berlogika serta pada akhirnya penyelesaian masalah bisa teratasi.
inquiry
Metode yang mengelola pikiran rasa ingin tahu, sehingga daya berpikir Kenapa bisa terjadi dan menilitinya sehingga data yang dikelola secara logis akan terjawab dalam sebuah kesimpulan. Tetntunya dorongan setiap siswa akan muncul secara alami untuk mengekplorasikan hasil penelitiannya.

Tuntutan yang terbesar dari metode ini adalah mengetahui sebab-akibat dan relasi yang berhubungan tentang poko permasalahan. Sehingga kunci permasalahan akan terbuka. Siswa yang senang dengan metode ini, dapat dikategorikan sebagai siswa intelegensi.

Tahapan metode ini,;

  • Mengobservasi masalah
  • Mengumpulkan data
  • Menganalisa data
  • Menyusun hipotes/ rumusan masalah
  • Mencari hubungan data yang hilang dari data yang sudah dikumpulkan
  • Menarik sebuah kesimpulan ( hasil pemecahan masalah)

Cara berfikir ini bersifat ilmiah, dimana siswa akan menemukan cara pemecahan masalah yang sebelumnya belum mereka ketahui.

Perlu diketahui, Metode ini diterapkan untuk ilmu alam namun berkat kreatifitas, Metode ini akhirnya bisa diterapkan untuk all subs pokok bahasan.

Langkah-langkahnya:
lihat metode inkuir, problem solving

Adapun dampak (positif dan negatif) dari metode pembelajaran inquiry;

  • Positif

> Daya ingat semakin tajam, karena pokok masalah ditemukan oleh siswa tersebut
> Membekali siswa untuk terbiasa mengatasi masalah baru, karena siswa akan ditekankan pada proses berpikir yang kritis dan analisis
> Memotivasi untuk mengemukakan gagasannya dan merancang untuk menguji gagasan tersebut
> Siswa lebih kreatif dan terampil dalam proses pembelajaran
> Siswa mampu berinisiatif bekerja secara mandiri, objektif, jujur dan terbuka sehingga metode ini bisa bersifat demokrasi
> Aspek Kognitif, efektif dan psikomotor menjadi seimbang
> Metode sesuai dengan perkembangan psikolog meodern, karena belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.

  • Negatif

> Waktu yang digunakan dalam penerapan sedikit lama, karena di dalam mengambil data dan langkah perlu banyak pertimbangan
> Terkdang tanpa arahan, siswa kehilangan pola berpikir maju, karena dampak kekurangan data informasi
> Pembelajaran bisa tidak lancar ketika konsep metode ini tidak dipahami dengan baik.
> Siswa yang diharapkan, harus memiliki pola pikir cerdas dan rasa ingin tahu tinggi dan siswa yang lemah berpikirnya akan tertinggal

Kesimpulannya:
> Guru tetap menjadi fasilitator, motivator dalam membimbing siswa belajar
> Siswa yang pasif akan berubah menjadi aktif ketika mengikuti metode ini.
> Metode ini cocok untuk siswa SMP atau SMA, jika diterapkan pada siswa SD di dalam pemikirannya masih terbatas (perlu banyak bimbingan).
> Pembelajaran akan hidup ketika semua siswa aktif.

Demikian informasi saya mengenai Metode Pembelajaran Ikuiri, dari berbagai sumber terpercaya. Silahkan share demi perkembangan blog melajah.com

0 Response to "Guides Terkini Tentang METODE PEMBELAJARAN INQUIRY"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel