Guides Terkini Tentang BAGAIMANA TERJADINYA GERHANA BULAN, Kelas 3 sd

Bagaimana Terjadinya Gerhana Bulan Total - Tahun 2018 akan terjadi sebuah peristiwa alam (penomena alam) yang langka. NASA Menyebutnya sebagai Penomena Super Blue Blood Moon yang terjadi di Bulan Januari, tepatnya 31 Januari. Gerhana ini dapat di lihat dari Amerika Tengah, Amerika Utara, Australia, Asia, Eropa dan Afrika bagian timur. 

Gerhana total dimulai Pkl 19.51.4 WIB
Puncak Gerhana Pukul 20.29.8 WIB
Gerhana Total Berakhir Pkl 21.08.2 WIB (data dari Kalender Bali Kuno)

Karena terjadi dua kali dalam satu bulan, maka para ilmuan mengatakan sebagai Blue moon. Jika kita berbicara Mitos seperti di daerah Jawa atau di Bali, akan banyak versi yang kita temukan, contoh;
  • Masyarakat Jawa Kuno akan perihatin, ketika ada gerhana bulan atau gerhana matahari
Hal ini sangat masuk akal, karena masyarakat di daerah akan mengalami kejadian seperti Pasang air laut atau di Samudra yang naik drastis. Kenapa bisa seperti itu?
Jawabannya simple saja; Ketika garis bulan dan bumi yang memiliki gaya tarik (gravitasi) bergaris lurus dengan matahari dalam tata surya Bima Sakti.
Bagaimana blue blood moon terjadi?
Gambar: Blue Blood Moon
  • Yang saya tahu, Penomena di Bali sedikit berbeda, Ketika Gerhana Bulan tejadi, masyarakat di daerah akan membunyikan kentongan, memukul lesung, shalat gerhana dan bagi wanita hamil, akan diusap perutnya dengan arang untuk mengembalikan keadaan Bulan yang ditelan oleh raksasa (mitosnya).
Logikanya, ketika terjadi tarik menarik di Bumi dan dasar Bumi yang dilalui oleh gelombang pasang maka keadaan seperti ini akan rentan (tidak kuat) dan dasar bumi akan pecah. Situasi ini akan menyebabkan kegaduhan bagi orang yang tinggal di desa (daya tarik bulan sangat kuat sehingga air laut ditarik naik). Apabila dasar air laut tidak kuat, akan menyebabkan gempa dasyat.

Mau melihat Penomena Supermoon lagi? Masyarakat akan melihatnya lagi di tahun 2037
penomena blue blood moon 152 tahun
Penomena blue blood moon akan terjadi setiap 150-152 tahun sekali, sekalipun penomena sebelumnya pernah terjadi di Benua Amerika (tidak dapat di lihat di wilayah Indonesia). Namun, hari ini kita sangat beruntung, karena tanggal 31 Januari 2018, peristiwa ini dapat di lihat diberbagai wilayah Di Asia dan Indonesia pada khususnya.

Bagaimana Terjadinya Gerhana Bulan
Masih ingat pelajaran waktu di bangku sekolah?
Saya akan bahas sedikit, 

Gerhana bulan total yang saya ketahui, dapat di bagi menjadi dua;
  • Gerhana Bulan Total negatif (ketika bulan tepat berada di daerah NTT sehingga warna bulan menjadi merah tidak rata)
  • Gerhana Bulan Total positif (bulan melalui titik pusat daerah umbra dan warna bulan menjadi merah merata)
Gerhana bulan sebagian, terjadi ketika bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Disini permukaan bulan yang tidak terkena sinar akan berada di daerah penumbra (artinya masih ada permukaan bulan yang terkena sinar)

Gerhana bulan penumbra, terjadi saat seluruh bagian bulan berada di daerah penumbra, jadi bulan dapat di lihat dengan warna yang suram.
bagaimana terjadinya gerhana bulan total
Gerhana merupakan sebuah kejadian astronomi yang berlaku apabila satu objek astronomi bergerak ke dalam bayang-bayang objek astronomi yang lain.

Gerhana Bulan terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan ditutup oleh bumi. Jadi, posisi bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Pada saat gerhana, sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Jika kita melihat gambar di atas, Penumbra (bayangan tambahan) mendapatkan cahaya dari satu bagian sisi matahari dan Umbra (bayangan innti) merupakan bayangan sempurna yang terbentuk karena bumi dan bulan yang kecil daripada Matahari, maka bayangan ini akan mengkerucut (membentuk diameter sempai membentuk sudut,.

Itulah hasil korak-korek yang dijabarkan dalam bentuk tulisan Terjadinya Gerhana Bulan, Silakan Share untuk perkembangan blog melajah.

0 Response to "Guides Terkini Tentang BAGAIMANA TERJADINYA GERHANA BULAN, Kelas 3 sd"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel