Guides Terkini Tentang Cara Mudah Menonaktifkan Semua Plugin Wordpress

Sering kali pengguna wordpress menghadapi masalah pada situsnya. Ketika mencari jalan keluar di internet banyak situs akan merekomendasikan untuk menonaktifkan semua plugin dan mengaktifkannya satu per satu. Tapi bagaimana jika akses ke wp-admin Anda terkunci alias tidak dapat masuk ke panel admin WordPress Anda. Sehingga Anda bahkan tidak dapat menonaktifkan plugin dengan cara yang mudah. Jika Anda pernah menghadapi layar blank dan mendapati eror 500 atau 502, maka Anda telah mengalami masalah serius. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan Cara Menonaktifkan Semua Plugin Wordpress Ketika Tidak Bisa Mengakses WP-Admin.

Ada dua metode untuk menonaktifkan plugin Anda, bisa dengan cara menggunakan FTP dan menggunakan phpMyAdmin. Kami berasumsi jika anda mengikuti petunjuk pada artikel ini berarti anda sudah memahami seluk beluk pengaturan di dalam c-panel.

Cara terhubung ke situs Anda menggunakan klien FTP
phpMyAdmin

Nonaktifkan Semua Plugin Menggunakan FTP

Dengan metode ini, Anda perlu menggunakan klien FTP, atau pengelola file hosting Anda. Jika Anda belum pernah menggunakan FTP sebelumnya, Anda mungkin perlu mencari artikel tentang bagaimana cara menggunakan FTP untuk mengupload file ke WordPress. Lankah Pertama Anda perlu terhubung ke situs Anda menggunakan klien FTP, atau File Manager di cPanel. Setelah terhubung, Anda perlu menavigasi ke / wp-content / folder.

Di dalam folder wp-content, Anda akan melihat folder yang disebut plugins. Di sinilah Wordpress menyimpan semua plugin yang terinstal di situs Anda.
Klik kanan pada folder plugin dan pilih Rename. Ubah nama folder plugin menjadi apapun yang anda suka. Dalam contoh kita, kita akan menyebutnya "plugins.deactivate". Setelah Anda melakukan ini, semua plugin Anda akan dinonaktifkan.


Cara Menonaktifkan Semua Plugin Wordpress Ketika Tidak Bisa Mengakses WP-Admin
phpMyAdmin

Biasanya, metode ini digunakan saat Anda terkunci dan tidak bisa mengakses wp-admin Wordpress. Kemudian Anda harus masuk wp-admin WordPress Anda. Setelah Anda berhasil masuk, kembali c-panel dan buka folder / wp-content / Anda. Ganti nama "plugins.deactivate" kembali ke plugin, Nah Sekarang Anda bisa mengaktifkan kembali satu persatu plugin anda sampai anda menemukan situs anda mati kembali. Pada titik ini, Anda akan tahu plugin mana yang menyebabkan masalah pada situs wordpress anda.

Nonaktifkan semua plugin menggunakan phpMyAdmin

Metode FTP pasti lebih mudah menurut kami, namun Anda juga dapat menonaktifkan semua plugin menggunakan phpMyAdmin. Langkah Pertama anda perlu masuk ke web hosting dashboard anda. Dalam contoh ini, kami menunjukkan dasbor cPanel. Dasbor akun hosting Anda mungkin akan terlihat berbeda. Selanjutnya Anda perlu mengklik ikon phpMyAdmin di bawah bagian 'Database'.


Membuka Dasbor C-Panel
phpMyAdmin

Ini akan membuka phpMyAdmin di jendela browser baru. Anda perlu memilih database WordPress Anda, jadi sebelumnya anda harus mengetahui namannya. Setelah itu anda akan bisa melihat tabel database WordPress.

Memeriksa Table Database Wordpress
phpMyAdmin

Seperti yang Anda lihat bahwa semua tabel di database memiliki awalan wp_sebelum nama tabel dan itu di sebut prefix. Tabel Anda mungkin memiliki awalan atau Prefix yang berbeda. Selanjutnya Anda perlu mengklik tabel wp_options. Di dalam tabel wp_options Anda akan melihat deretan pilihan yang berbeda. Anda perlu mencari opsi 'active_plugins' dan kemudian klik pada 'Edit' Link disebelahnya.


Cara Menonaktifkan Semua Plugin Wordpress melalui phpMyAdmin
phpMyAdmin

Pada layar berikutnya, Anda perlu mengubah field option_value menjadi a: 0: {} dan kemudian klik tombol Go untuk menyimpan perubahan Anda.


Cara mengubah field option_value di phpMyAdmin
phpMyAdmin

Hanya seperti itu saja Anda telah berhasil menonaktifkan semua plugin WordPress menggunakan phpMyAdmin. Jika itu adalah plugin yang menghentikan Anda mengakses area admin WordPress, maka Anda harus bisa masuk sekarang.

Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda Menonaktifkan Semua Plugin Wordpress Ketika Tidak Bisa Mengakses WP-Admin.

0 Response to "Guides Terkini Tentang Cara Mudah Menonaktifkan Semua Plugin Wordpress"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel