Guides Terkini Tentang Curug Cikaracak Curug Indah Ditepian Kabupaten Bogor


Macet, asap kendaraan bermotor, bising dan kepenatan yang terjadi di daerah perkotaan sudah menjadi makanan sehari-hari untuk masyarakat kota, apalagi ditambah dengan beban hidup *eh. Stress yang mulai datang memaksa kami memutuskan untuk ngaprak (berjalajah) ke pedesaan yang tenang dan sejuk. Setelah googling kesana-kesini akhirnya kami menunjuk satu kawasan wisata air terjun yang ada di kabupaten bogor. Ya! Air terjun! Gemercik air dan kesejukan udara yang kami rindukan untuk menghapus penat di kepala ini menuntun kami ke tempat yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya yang bernama Curug Cikaracak.

Air terjun/curug Cikaracak adalah salah satu air terjun yang ada di bogor tepatnya di Cinagara, kabupaten bogor. Di daerah bogor banyak sekali wisata air terjunnya, yang paling terkenal adalah curug leuwi hejo yang ada di daerah sentul bogor.

Waktu itu, hari sabtu merupakan waktu yang kami “kira” tepat untuk mengunjungi objek wisata ini, alasannya karena hari sabtu tidak banyak anak sekolah yang mengunjungi tempatnya, pasalnya tempat-tempat seperti air terjun banyak diminati oleh anak-anak sekolah dari SD-SMA. Pukul 08:00 WIB kami berangkat dari rumah menuju ke air terjun ini. Akses kesini bisa ditempuh dengan motor dan mobil. Setelah perdebatan yang panjang, kami memutuskan untuk memakai motor karena kami memang belum mempunyai mobil hehe.

Perjalanan pertama-tama melalui jalan raya sukabumi-bogor ke arah cigombong sampai bertemu gang ke cinagara (ganggnya sebelum lido jika berangkat dari arah bogor, dan sesudah lido jika berangkat dari arah sukabumi). Belum cukup sampai disitu, perjalanan dari gang cinagara dilanjutkan dengan melewati pedesaan sejauh 4 KM dengan kontur jalan yang naik turun. Kondisi jalannya lumayan bagus tidak begitu banyak jalan yang berlubang, kemudian setelah berjalan kira-kira 2-3 KM kami menemui pertigaan yang membuat kami kebingungan, arah jalannya ada yang lurus dan ada yang ke arah kiri, akhirnya dari situ kami bertanya kepada warga sekitar ternyata jalannya hanya tinggal lurus saja dari situ. Setelah kira-kira 45 menit perjalanan akhirnya kita sampai di jalan buntu, nahloh ini kemana? Tenang, ternyata kita sudah sampai di parkiran motor wisata Curug Cikaracak. Motor dan mobil diparkir di tempat warga yang ada di kiri jalan dengan biaya penitipan Rp.5000 per motor dan biaya masuk Rp.2000 per orang, murah sekali ternyata.

Retribusi orang & motor

Tempat parkir kendaraan

Sesudah sampai di parkiran alangkah terkejutnya kami melihat puluhan anak-anak sekolah yang sedang mengadakan kegiatan LDK dan akan mengunjungi curug cikaracak juga, mau bagaimana lagi kamipun melanjutkan perjalanan ke curug. Seperti kebanyakan wisata air terjun lainnya, kita diharuskan berjalan selama 45-60 menit untuk mencapai air terjun. Perjalananan memang sedikit menguras tenaga, tetapi kita tidak akan bosan karena sepanjang jalan kita disuguhi dengan gemercik air sungai dengan kondisi air masih jernih dan suara burung yang merdu.

Kondisi air sungai yang jernih

Trek perjalanan diawali dengan sedikit jalan bertembok dan dilanjutkan dengan jalan tanah sampai air terjun. Tak perlu bingung karena meskipun cuma jalan setapak tetapi jalannya tidak bercabang-cabang sehingga kita hanya mengikuti alur jalan saja. Di perjalanan kita akan menyebrangi sungai yang tidak ada jembatannya sebanyak 4 kali maka dari itu pakailah sandal atau sepatu yang bisa mendukung perjalanan anda.

Jalan Setapak

Sesudah melewati sungai ke empat, gemuruh air terjun semakin terdengar. Hal ini pula yang membuat kami tak kehilangan semangat! Sebelum mencapai curug utama ada curug yang aliran airnya tidak banyak tetapi jatuh dari tempat yang cukup tinggi. Dari situ hanya sekitar 20-30 meter sudah sampai di curug utama yaitu curug cikaracak.

Ketika pertama melihat, betapa terkejutnya kami melihat curug yang begitu tinggi menjulang sampai 40 meter ini karena kami mengira curugnya tidak sampai setinggi ini. Curug ini cocok untuk berfoto dan berendam, tetapi kami tidak merekomendasikan anda untuk mendekati curugnya karena aliran air yang jatuh sangat deras sekali, jadi cukup nikmati dari jauh curug ini sudah cantik sekali. Jika anda mengunjungi curug ini jangan lupa untuk membawa perbekalan makan karena tidak ada pedagang makanan disini.

Curug Cikaracak

Curug Cikaracak
Untuk keseluruhan lokasi ini sangat bagus, recommended untuk didatangi. Tempatnya pun bersih, terlihat dari semenjak kami menelusuri jalannya kami jarang menemukan sampah, hanya saja di sekitar curug dan parkirannya masih dijumpai sampah tetapi tidak terlalu banyak. Meskipun begitu kami menghimbau kepada wisatawan, jangan meninggalkan sampah dimanapun kalian berwisata.

Silahkan share artikel ini jika artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa follow akun instagram kami @footravelers.id.

"Dunia seluas langkah kaki" - FooTravelers

0 Response to "Guides Terkini Tentang Curug Cikaracak Curug Indah Ditepian Kabupaten Bogor"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel