Guides Terkini Tentang Cara Menyambungkan Wifi Smartphone Android dan Laptop

Cara menyambungkan wifi Smartphone Android dan Laptop- Internet pada jaman sekarang sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari hari serta sudah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian orang, teknologi yang ditawarkanpun kini sudah sangat mempermudah para penggunanya seperti teknologi internet tanpa kabel atau wifi (wireless Fidelty) yang saat ini sudah banyak digunakan hampir oleh setiap orang yang mempunyai peralatan teknologi informasi seperti Laptop, Komputer PC, Smarphone android dll. Teknologi internet melalui wifi ini memang sangat diminati oleh pengguna teknologi informasi karena lebih simple tidak perlu kabel untuk menyambungkan perangkat TI agar terakses ke internet. Lalu bagaimana caranya untuk menyambungkan wifi pada perangkat seperti laptop atau smartphone ke wifi.? Baik saya akan jelaskan, bagi sebagian orang yang awam mungkin mereka bertanya mengenai hal tersebut, tapi sebagian orang di era milinel ini(era teknologi) pasti sudah tidak perlu di jelaskan lagi bagaimana cara menyambungkan peralatan teknologi informasi ke wifi. Dan saya akan jelaskan step by step cara tersebut, khususnya untuk orang yang masih awam yang ingin tahu caranya menghubungkan wifi.

Untuk menyambungkan ke wifi ada beberapa tipe peralatan yang sering disambungkan untuk akses internet melalui wifi, mungkin sobat sudah tau peralatan tersebut yang biasa sobat pakai untuk alat berkomunikasi ataupun untuk alat kerja Yaitu Smarphone android dan Laptop. Dimana kedua peralatan tersebutlah yang paling sering digunakan untuk melakukan kegiatan internet baik itu untuk keperluan bisnis, hiburan, penelitian,  dan juga masih banyak yang tidak saya sebutkan. Terkadang ketika kita mempunyai smartphone android ataupun laptop baru dan ingin berinternet contohnya mau guggle-gugglelan pasti akan mencari cara bagaimana untuk bisa berinternet baik itu melalui paket data ataupun  salah satu caranya melalui sambungan wifi, dan tidak tahu caranya harus bagaimana.
Cara menyambungkan perangkat smarphone android ke internet melalui wifi sangatlah mudah sobat hanya perlu ikuti cara di bawah baik untuk menyambungkan smarphone android ke wifi, menyambungkan laptop ke wifi bahkan membuat wifi portable untuk berbagi koneksi internet dengan smartphone android dan laptop sobat, simak baik baik caranya di bawah ini :

Daftar isi cara menyambungkan wifi

#1Cara menyambungkan wifi dari smartphone  android
#2Cara menyambungkan wifi dari laptop ataupun komputer PC
#3Cara membuat wifi portable pada smarphone android

#1 Cara Menyambungkan wifi dari smarphone android

Cara Menyambungkan Wifi  yang pertama ini adalah Cara yang berfungsi agar smarphone android dapat terhubung dan terkoneksi ke internet melalui jaringan wifi yang ada :

Untuk cara ini ada syarat yang harus di perhatikan yaitu :
  • Dalam keadaan smarphone hidup pilihlah menu icon pengaturanatau setelan ketuk menu tersebut
  • Setelah masuk ke menu setelan pilih  wifi pada daftar yang paling atas ketuk menu tersebut danhidupkan wifi dengan menggeser icon strip hijau ke kanan 
  • Perhatikan hotspot wifi yang sudah terscan pada tampilan, lalu pilihlah nama jaringan wifi yang sobat tahu dan tekan connect
  • Apabila ada popup permintaan password silahkan masukan password tersebut lalu tekan connect lagi
  • Tunggu beberapa saat sampai smartphone android berhasil menerima ip address
  • Sukses smartphone android sudah berhasil terkoneksi pada jaringan wifi dengan keterangan connected
  • Silahkan sobat buka dan coba browsing di internet

#2 Cara menyambungkan wifi dari Laptopataupun komputer PC

Cara Menyambungkan Wifi  yang kedua ini adalah Cara yang berfungsi agar laptop ataupun komputer dapat terhubung dan terkoneksi ke internet melalui jaringan wifi yang ada :

Untuk cara ini ada syarat yang harus di perhatikan yaitu :
  1. Driver wifi adapter harus sudah terinstall
  2. Pastikan ip address pada adapter tersetting otomatis (DHCP)
  3. Pastikan juga bahwa adapter wifi yang ada pada laptop atau komputer PC sobat sudah on (enable)


Untuk caranya ikuti step di bawah ini :
  • Untuk dapat menyambungkan wifi dari laptop perhatikan bahwa icon signal dan adapter wifi sudah menyala atau on lihat di pojok kanan bawah layar laptop.
  • Jika sudah menyala klik icon tersebut untuk melihat jaringan wifi yang tersedia
  •  Setelah hotspot wifi terdeteksi pilihlah nama jaringan wifi yang sobat tahu klik connect
  • Apabila ada popup permintaan password silahkan masukan password tersebut lalu tekan connect lagi
  • Tunggu beberapa saat sampai laptop berhasil menerima ip address
  • Sukses laptop sobat sudah berhasil terkoneksi pada jaringan wifi dengan keterangan connected
  • Silahkan sobat buka dan coba browsing di internet


Catatan : untuk cara nomer #1 dan #2 : Pada jaringan wifi yang akan kita sambung terkadang wifi memiliki tingkat keamanan yang berbeda beda dan umumnya ada 3 jenis keamanan yang di pakai
  1. Keamanan wifi yang memiliki security key menggunakan passwod (type WPA-PSK WPS dll)
  2. Keamanan wifi yang tidak memiliki password
  3. Keamanan wifi yang tidak memiliki password namun menggunakan portal login web sebelum mengaksesnya ( biasanya di aplikasikan pada area hotel, cafee, warnet dll)

#3 Cara membuat wifi portable pada smartphone android

Cara Menyambungkan Wifi  yang ketiga adalah menggunakan portable wifi dimana Cara ini berfungsi untuk mengubah smartphone android menjadi hotspot wifi portable yang dimana internet pada smartphone dapat di bagi untuk digunakan oleh smartphone lain termasuk laptop salah satunya, dan hostpot wifi portablle smartphone android ini sangat berguna dikala tidak adanya jaringan hotspot wifi yang bisa digunakan untuk koneksi internet untuk Laptop ataupun komputer PC dan bisa dikatakan ini cara ini digunakan alternatif jaringan wifi pada umumnya contoh sepeti wifi id, hotspot speedy dll. Untuk mengaktifkan fitur tethering portable hotspot wifi smartphone ikuti cara di bawah ini :
  • Pastikan Internet yang akan dibagikan (sharing) ke perangkat lain yang ada pada smarphone android sudah tersedia (kuota internet masih ada)
  • Buka menu pada smarphone pilihlah icon menu pengaturan atau setelan
  • Setelah masuk akan tampil beberapa list pengaturan pilih atau ketuk menu more
  • Pilih lagi list menu tethering & portable hotspot
  • Hidupkan portable wi-fi hotspot dengan mengetuk chekbox atau ceklist yang ada di sebelahnya
  •  Lalu pilih lagi list menu portable wi-fi hotspot setting untuk mengatur akses wifi portable agar tidak sembarang orang menggunakan wifi sobat tentunya dengan mengatur password akses wifi lihat gambar di atas
  • Setelah tampil tentukan nama hotspot wifi portable sobat di kolom SSID dan tentukan juga password wifi sobat kemudian tekan save untuk menyimpan pengaturan tersebut
  • Silahkan di coba untuk mengakses jaringan wifi portable sobat baik dari laptop ataupun dari smatphone android dengan cara nomer #1 dan #2, Tara jadikan hotspot portablenya.

Cara di atas adalah cara umum yang biasa di pakai untuk menyambungkan atau mengkoneksikan perangkat teknologi informasi seperti smartphone android, laptop serta komputer PC agar terkoneksi ke internet melalui jaringan wifi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu sobat sekalian terutama yang baru tahu apa itu wifi.? dan cara menggunakanya, selamat mencoba cara-cara di atas dan semoga berhasil. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas tentang cara di atas silahkan bercuap cuap bahoy di kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah. Salam Jeems

0 Response to "Guides Terkini Tentang Cara Menyambungkan Wifi Smartphone Android dan Laptop"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel