Guides Terkini Tentang Ullen Sentalu, Menggali Sejarah Tanah Jawa




Seharian berada di kawasan Gunung Merapi, Kaliurang, Yogyakarta. Tentunya tak lupa kami menjejakkan kaki di Museum Ullen Sentalu. Sebuah museum yang berisikan segala mengenai seni dan budaya Jawa. Sejak dari masa Mataram Kuno hingga Yogyakarta saat ini,



Berlokasi di Taman Kaswargan, sengaja dipilih tempat yang tinggi di lereng gunung Merapi karena sifat gunung yang memiliki nilai mistik menurut filosofi Jawa. Nama "ullen sentalu" sendiri diambil dari nama Yayasan Ulating Blencong selaku pengelola museum yang mempunyai visi melestarikan kebudayaan jawa di masa lalu yang luhur.




Museum ini terdiri dari beberapa ruang eksibisi yang menampilkan dokumentasi kerajaan dan kebudayaan masyarakat Jawa tempo dulu dalam bentuk lukisan, koleksi batik lawas, corak pakaian, sketsa, bahkan foto-foto saat Yogyakarta masih dipimpin oleh Hamengku Buwono IX.




Lebih kurang satu jam kami menyusuri museum ini, dan di penghujung tour kami disediakan minuman dingin berupa teh sereh yang sangat menyegarkan. Setelah itu diberikan waktu bebas untuk berfoto di bagian luar museum, karena bagian dalam tidak diperkenankan mengambil gambar.


Perjalanan hari ini sangat memperkaya pengetahuan seni dan budaya kita. Tidak salah jika Yogya dikatakan kota budaya, mulai dari candi yang tersebar di beberapa tempat, museum yang lengkap dan guide yang memberikan penjelasan secara baik, hingga pantai yang indah bahkan tempat sisa bencana pun bisa dikemas menjadi satu budaya baru.

Masih belum bosan explore Yogya dan sekitarnya.. Tunggu cerita terbarunya ya. See you next trip

0 Response to "Guides Terkini Tentang Ullen Sentalu, Menggali Sejarah Tanah Jawa"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel