Guides Terkini Tentang Ratu Boko Temple, Kisah Romantis Mataram Kuno


Ada banyak kisah tentang candi-candi di tanah Jawa. Peninggalan bersejarah ini merupakan bukti banyaknya kerajaan di masa yang lampau, mungkin masa pemerintahan kerajaan Mataram Kuno atau lebih jauh lagi hingga sebelum masehi.

Jika anda sudah pernah melihat Candi Borobudur yang terkenal, ada satu ikatan kuat yang membawa sejarah ke Candi Ratu Boko. Apakah karena disini terjadi perkawinan antara Rakai Pikatan dan Pramudyawardhani? Ataukah cerita Nabi Sulaiman dan Ratu Sheba yang singgasana kerajaannya dipindahkan hanya dalam hitungan detik?

Tapi apapun cerita yang mendasarinya, Candi Ratu Boko mempunyai daya tarik tersendiri dengan bentuk bangunan dan lokasinya untuk melihat sunset. Kebetulan Candi Ratu Boko belum pernah kulihat, jadi cukup penasaran juga.


Sesampai disana, komplek Candi Ratu Boko ini sangatlah luas, dengan reruntuhan candi berada di beberapa tempat. Tidak hanya satu stupa besar, namun tersebar di beberapa lokasi.Indah memang, apalagi saat menjelang matahari terbenam, terlihat keindahan satu sisi candi yang memerah. Cantik.


Seperti kerajaan di Jawa pada umumnya, banyak bangunan di kompleks candi ini dengan fungsi yang berbeda. Diawali dengan pintu gerbang Candi Ratu Boko yang tampak paling utuh, kemudian masuk kedalam ada petilasan Taman Sari untuk pemandian putri-putri raja yang lebih berupa reruntuhan batu-batu besar.



Kemudian ada satu bangunan lagi yang bentuknya seperti panggung, persegi panjang dan dikelilingi dengan dinding, sepertinya ini merupakan balairung, atau tempat raja beraudiensi dengan rakyatnya.



Senja pun kian memerah. Sambil bergegas mencari lokasi untuk melihat sunset, kami terkagum dengan luas dan indahnya lokasi candi Ratu Boko ini. Terbayang saat kerajaan ini masih berjaya, betapa subur dan makmur rakyatnya. Hmmm... Berada di lingkungan seperti ini selalu membawaku seakan berada di masa yang lain..



Selepas sunset, kita pulang, Merasakan nuansa kerajaan Mataram di masa kini, cukup memenuhi keingintahuan kami tentang sejarah tanah Jawa. Masih banyak tempat yang ingin dikunjungi, nanti...suatu saat kami akan kembali lagi.. See you next trip guys....

0 Response to "Guides Terkini Tentang Ratu Boko Temple, Kisah Romantis Mataram Kuno"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel