Guides Terkini Tentang Snorkeling di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu



Seminggu jadwal yang padat, penuh dengan training dan meeting...membuatku agak terlupa akan rencana escape from Jakarta di akhir minggu ini. Tapi yang jelas tetap semangat....!! Walau perjalanan dari rumah menuju Marina Ancol sempat tertahan akibat ada bongkaran rumah lama di sekitar Kampung Melayu, dan harus menyewa ojek sepeda dari pintu halte busway Ancol menuju Marina... Akhirnya sampailah aku tepat jam 09.00 wib di dermaga 3 Marina Ancol.

Dengan speedboat berkapasitas 15 orang, berangkatlah rombongan yang digagas oleh Q-back Travel ini menuju Pulau Harapan. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam 30 menit, untuk mencapai pulau ini juga bisa menggunakan kapal feri regular, namun harus berangkat dari Muara Angke dan pastinya berangkat lebih pagi karena waktu tempuhnya lebih lambat.



Sampai di Pulau Harapan sekitar jam 11, sudah disiapkan makan siang di Homestay Baramundi, tempat kami menginap.Segera kami pun mengobati rasa lapar dan istirahat di penginapan. Sekitar pukul 2 siang, Dea,tour guide kami mengajak untuk pergi jelajah pulau.Dengan menggunakan kapal nelayan kami akan menjelajah beberapa pulau di kepulauan seribu ini. Mulai dari pulau Perak, pulau Dolphin hingga terakhir ke pulau Bira untuk menikmati sunset.

Pulau Perak adalah salah satu pulau tak berpenghuni yang tidakdialiri jaringan listrik.Namun karena pantainya yang landai, tempat ini menjadi destinasi bagi mereka yang ingin menikmati berkemah di pantai. Disediakan camping ground yang cukup luas, namun untuk peralatan tenda sebaiknya membawa sendiri karena jumlahnya terbatas.Disini kami sudah disiapkan camilan pisang goreng, bakwan dan kelapa muda yang diminum langsung dari buahnya.





Tujuan berikutnya adalah pulau Dolphin, sebenarnya ini pulau pasir yang hanya terlihat saat laut sedang surut. Pasirnya putih dan tanpa ada pepohonan membuat pulau ini jadi favorit untuk kegiatan photo session pre wedding atau sesi foto lainnya.Namun karena ini hari Sabtu, dan pengunjung di pulau Dolphin tampak ramai, kami mengurungkan niat untuk berfotodisana. Mungkin besok saja, kalau sudah lebih sepi.


Melintasi pulau demi pulau, terkagum-kagumlah diriku melihat keindahan alam negeri ini. Indonesia memang luar biasa. Pemandangan kontras antara pulau dan lautan lepas, langit cerah, pepohonan yang rimbun...apa yang membuat orang tidak tertarik untuk mencintai negeri ini.

Menjelang sore, sampailahkita di pulau Bira Besar. Wow...dari dermaganya saja sudah membuat kami gatal untuk segera berfoto-ria. Bahkan saat sedang menikmati keindahan dari dermaga, sempat kulihat seekor penyu melintas, sayangnya tak sempat tertangkap kamera.

 

 
Sambil menunggu waktunya sunset, kami mengitari pulau yang sangat terkenal di masa kejayaan presiden RI kedua, Soeharto. Di tengah pulau terdapat lapangan golf dengan beach club yang dulu sering digunakan presiden Soeharto untuk menjamu tamu-tamunya sambil bermain golf. Namun kini kondisinya sudah tidak lagi terawat.Bahkan kolam renangnya penuh terisi air hujan, sayang sekali ya..Mungkin biaya maintenance untuk pulau terlalu mahal.


Akhirnya tibalah sunset yang kutunggu.Setelah mendapatkan spot yang cantik, inilah hasil yang tertangkap kamera...





Senja pun kian memerah, pertanda sudah waktunya kita kembali ke pulau Harapan, pulau terakhir di kepulauan seribu yang dialiri listrik 24 jam. Berlayar di kegelapan, di perairan ini cahaya memang hanya bisa diperoleh dari matahari dan rembulan.Selain itu....semua gelap.

Cukup menegangkan perjalanan kembali dari pulau Bira ke pulau Harapan ini, membayangkan lautan yang gelap, perahu nelayan yang ramping (kalau ga mau dibilang kecil), dan kemungkinan angin yang biasanya cukup kencang di malam hari..... Alhamdulillah, lautan tenang dan kami sampai dengan selamat di pulauHarapan...dimana makan malam dan teh hangat sudah menunggu....

Hari kedua, bangun pagi aku bersiap untuk ke pantai. Mengejar sunrise..Biarlah teman yang lain masih tidur, perlahan aku keluar dari rumah. Sebagian lampu jalan masih menyala, namun cakrawala sudah mulai berwarna..Kutunggu sang surya keluar dari peraduannya, ditemani secangkir kopi susu di saung di pinggir dermaga.

Hmmm..sayang hari ini agak berawan, hanya semburat kemerahan saja yang dapat tertangkap oleh kamera sederhanaku ini. Kutunggu hingga matahari agak tinggi bersama dengan wisatawan lain dari Jakarta, Tangerang, Bogor bahkan sempat berkenalan dengan rekan yang berasal dari Serpong..The things I like in every trip, you never be alone... Friends are all over you, everywhere...

Kembali ke penginapan, beberapa dari rombongan kami sudah mulai mandi danbersiap-siap.Hari ini kita akan snorkeling....yuhuuuuy... Swimsuit...topi renang..sunblock spf100 (never leave home without it)..here we go.. First destination...PulauMacan....


 
Let's have fun girls....Memang trip kali ini yang berangkat semua perempuan... 9 cewe titisan lumba-lumba..Harusnya10 orang, namun sahabatku yang seharusnya ikut berhalangan. So...kali ini dapet dua momongan, Ade dan Sarah...seru aja bareng kalian berdua..Jadi berasa masih muda deh saya...hahahahaaaaa... 


Belum puas rasanya bermain air disini, sudah waktunya kita berangkat ke lokasi berikut. Kebetulan melewati lagi pulau Dolphin yang kemarin ramai. Hari ini sepi...perahu pun merapat. Sesi foto pun dimulai...


Selesai sesi foto, kami lanjut ke pulau Bira. Biota laut disini cukup beragam, tapi kita harus sangat berhati-hati saat melangkah, karena disini banyak terlihat bulu babi (sea urchin). Ada juga bintang laut, kami temukan dua, yang berwarna biru dan orange.Favoritku di perairan ini...ikan kecil berwarna pelangi yang berenang sangat lincah.

Matahari semakin tinggi, sudah waktunya kita kembali ke pulau Harapan.Speedboat akan mengantar kita kembali ke Jakarta paling lambat jam 3 siang, karena takut angin akan menjadi semakin kencang menjelang sore hari.



Well, so much for this getaway... Pergi sejenak menjauh dari kesibukan harian memang cukup menyegarkan.. Besok, kembali ke rutinitas, monday meeting, prospecting, recruiting...yuuupp... Thank you Retno, Lucy & Titi buat foto-fotonya yang seru..Dea, Ratih, Uteng, Ade n Sarah...ayo kita cari waktu lagi buat hunting foto bareng...See you on next trip gals...

0 Response to "Guides Terkini Tentang Snorkeling di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel